Beranda » Blogging » Cara Optimasi Website Cepat Masuk Halaman Satu Google

Cara Optimasi Website Cepat Masuk Halaman Satu Google

T Diposting oleh pada 20 March 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 345 kali

Hampir semua pemilik situs atau blog tentu mencari-cari cara optimasi website yang tepat. Kenapa begitu? Karena memang dengan langkah optimasi yang benar, peluang agar website atau blog yang dikelola untuk masuk di daftar teratas mesin pencarian semakin terbuka lebar. Seperti yang Anda ketahui, mesin pencarian adalah tujuan utama para pengguna internet.

Salah satu mesin pencarian raksasa ialah Google yang seolah-olah menjadi ‘pintu’ untuk berkunjung ke manapun. Lewat Google, pengguna internet akan mencari apapun yang diperlukan hanya bermodalkan kata kunci alias keyword. Tak heran kalau akhirnya keyword merupakan pilar penting dalam SEO (Search Engine Optimization).

SEO, Kunci Penting dalam Optimasi Situs

Sebelum tahu seperti apa cara optimasi website, Anda tentu wajib memahami dulu apa sih SEO itu. Secara sederhana, SEO adalah serangkaian proses sistematis yang bertujuan membuat pengunjung sebuah website meningkat dengan memanfaatkan mekanisme algoritma mesin pencari. Melalui SEO, sebuah website memiliki peluang ada di posisi teratas mesin pencari.

Seo_On-Page-Optimization

Baca juga artikel : Pentingkah seo on page buat website baru ?

Bisa ditebak, ketika website atau blog Anda sukses di posisi teratas pada halaman Google atau Bing misalnya, tentu peluang untuk dikunjungi semakin besar. Jika peluang dikunjungi sudah terbuka lebar, maka sudah pasti trafik meningkat. Hal ini jelas sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis. Karena website yang ramai pengunjung akan memberikan dampak positif ke penghasilan.

Untuk itulah dengan persaingan website yang semakin ketat, diperlukan cara optimasi website yang tepat. Agar tetap bisa jadi pilihan para pengguna internet, pengelola website atau blog wajib memahami betul cara menggunakan SEO secara tepat. Karena SEO memang menjadi kunci penting dalam optimasi sebuah situs untuk berada di posisi puncak daftar pencarian.

7 Cara Mengoptimasi Website Agar Masuk Halaman Utama Google

Untuk bisa membuat website atau blog masuk halaman pertama mesin pencarian, memang wajib menggunakan kaidah SEO On Page dan SEO Off Page yang tepat. Secara garis besar, berikut ini adalah tujuh cara optimasi website terbaik yang bisa Anda pertimbangkan:

  1. Membuat Judul Tepat

Salah satu kunci agar SEO On Page dapat berjalan maksimal adalah dengan memperhatikan betul judul artikel. Sejalan dengan istilah Konten Adalah Raja, judul tentu harus mampu menarik calon pengunjung sehingga Anda perlu menggunakan judul yang tepat. Dan supaya bisa menarik mesin pencarian, judul pun wajib mengikuti kaidah SEO.

Untuk memenuhi kaidah SEO yang tepat, Anda wajib meletakkan kata kunci pada bagian Tittle Tag. Usahakan keyword itu masuk di bagian awal suku kata pertama. Jika tidak memungkinkan, bisa di bagian tengah atau akhir. Dengan cara ini, maka secara otomatis judul akan dibaca mesin pencari sebagai H1.

  1. Tulis Artikel Panjang dan Lengkap

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Konten Adalah Raja. Sehingga tak heran jika cara optimasi website yang cepat adalah dengan menyediakan artikel yang panjang dan lengkap. Meskipun mungkin terbilang merepotkan bagi para penulis karena harus menulis panjang lebar, artikel yang punya lebih dari 1.500 kata berpeluang besar tampil di halaman awal mesin pencarian.

Kenapa bisa begitu? Karena semakin banyak kata yang dijabarkan pada sebuah artikel, maka keyword dan LSI (Latent Semantic Indexing) juga makin banyak. Sehingga imbasnya, mesin pencari akan lebih mudah menemukan artikel tersebut lantaran kaya akan kata kunci. Berikut adalah tiga keuntungan utama jika Anda menggunakan artikel panjang:

  1. Lebih Mudah Dibagikan Ulang

Artikel yang panjang dan informasi lengkap jelas membuat pembaca puas. Sehingga mereka akan membagikan ulang artikel itu melalui berbagai platform yang akhirnya membuat website Anda dikenal oleh Google

  1. Bounce of Rate Lebih Baik

Kalau website atau blog Anda menggunakan fitur Google Analytics, tentu akan menemukan yang namanya bounce of rate. Secara mudahnya, bounce of rate adalah tolak ukur kualitas website karena menghitung prosentase pengunjung yang meninggalkan situs Anda setelah hanya membuka satu artikel saja.

Jika bounce of rate situs Anda tinggi, maka jelas akan memperburuk trafik. Sehingga Anda harus memperkecil bounce of rate lantaran merupakan salah satu cara optimasi website yang tepat.

  1. Waktu Kunjungan Meningkat

Berkaitan dengan bounce of rate sebelumnya, artikel panjang juga membuat waktu kujungan pengguna internet ke website Anda makin lama. Ini menandakan kalau artikel Anda sangatlah berguna dan cukup memuaskan dibaca

  1. Perbaiki Durasi Loading

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan agar website/blog yang dikelola bisa maksimal adalah dengan memperbaiki durasi loading halaman. Kendati memang semua orang ingin punya website dengan tampilan bagus, tetapi harus ditunjang oleh hosting yang berkualitas. Jangan sampai karena fokus mempercantik website, durasi loading justru semakin lama.

  1. Pentingnya Peletakan Keyword

Dalam perkembangannya, keyword alias kata kunci kini tidak lagi menjadi perhatian utama mesin pencari. Namun meskipun begitu, jumlah kepadatan keyword tetap meningkatkan tingkat relevansi website Anda terhadap kata kunci yang dibutuhkan oleh para pengguna internet. Berikut beberapa contoh penggunaan keyword yang tepat sesuai dengan aturan SEO:

  1. Usahakan kata kunci ada pada alamat URL website/blog Anda. Namun tetap diingat untuk membuat alamat URL yang pendek
  2. Selain pada judul, letakkan keyword di paragraf pertama, tepatnya di 100 kata pertama setiap artikel
  3. Supaya lebih bisa dibaca oleh mesin pencari, kata kunci juga harus disematkan pada H2 atau H3

Dengan memahami betul peletakkan keyword secara tepat, maka Anda sudah mencoba menerapkan cara optimasi website dengan baik.

  1. Tautan Balik yang Bijaksana

Mungkin tak banyak yang akan menduga jika backlink alias tautan balik memegang peran penting agar website atau blog yang Anda kelola bisa tampil di halaman pertama Google. Namun jangan serta merta menyebarkan tautan hal-hal seperti itu bisa saja dianggap sebagai aksi spam sehingga dikhawatirkan akan merusak reputasi website Anda.

Untuk bisa memasang tautan balik yang berkualitas, Anda wajib menggunakan artikel yang relevan dan memiliki pagerank tinggi. Dan kalau bisa peletakan tautan balik ini di bagian not sidewide alih-alih di dalam artikel.

  1. Desain Website Responsif

Hal berikutnya yang juga menjadi cara optimasi website adalah memiliki tampilan website yang responsif. Responsif di sini adalah situs itu harus bisa merespon perubahan tampilan dengan cepat jika diakses lewat berbagai gawai. Karena seperti yang diketahui, perkembangan teknologi internet membuat kebiasaan berselancar di dunia maya berubah dari PC ke HP.

Untuk itulah jika website atau blog yang Anda kelola punya desain responsif dan bisa diakses dengan kualitas terbaik entah di HP atau laptop, peluang bisa terbaca mesin pencarian Google makin besar. Selain bisa diakses di manapun, keberadaan desain yang responsif akan meningkatkan trafik pengunjung.

  1. Bikin Betah Pengunjung

Agar website yang Anda kelola bisa ada di posisi teratas mesin pencarian Google, tentu harus memiliki waktu kunjungan (Dwell Time) yang lama. Semakin lama pengguna internet berselancar di website Anda, maka itu artinya dia memperoleh informasi yang diinginkan. Dan bagaimana agar memiliki Dwell Time yang baik? Jelas harus ditopang oleh konten berkualitas.

Nanti jika Dwell Time situs Anda sudah memuaskan, peluang tampil di posisi teratas halaman pertama mesin pencarian Google bukanlah hal yang mustahil lagi. Dengan seluruh analisis yang tepat dan perbaikan, penerapan cara optimasi website bukan sesuatu yang sulit lagi.

cara optimasi website

Baca juga artikel : Cara buat autority blog meningkat

Website Usability Berikan Pengaruh ke Peringkat Website

Tak banyak yang tahu Website Usability rupanya memberikan pengaruh besar ke peringkat website di mesin pencari. Secara mudahnya, Website Usability adalah gabungan dari berbagai elemen penting yang membuat website ada di posisi teratas pada halaman pertama Google. Beberapa elemen itu adalah efektivitas, memorabilitas, efisiensi dan tingkat error prevention.

Elemen efektivitas dan efisiensi mengacu pada informasi yang dibutuhkan pengunjung. Jika Anda mengelola website bisnis, maka cepat-lambat waktu yang dibutuhkan konsumen untuk membeli barang jadi bukti Website Usability. Untuk memorabilitas berkaitan dengan return traffic dan error prevention seputar masalah website seperti notifikasi 404 Page Not Found Error.

Nah, bagaimana? Cukup mudah bukan memahami SEO di internet? Dengan menerapkan cara optimasi website secara tepat, website atau blog yang Anda kelola akan bisa maksimal.

Free Download Ebook : Cara mudah buat website dan mengelola banyak website

Belum ada Komentar untuk Cara Optimasi Website Cepat Masuk Halaman Satu Google

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Cara Optimasi Website Cepat Masuk Halaman Satu Google

Tips Membuat Desain Landing Page

T 6 February 2017 F A jeffsitopu

Biar web online shop kita menyandang tampilan menarik  tentu dibutuhkan trik-trik khas biar desain landing page nampak menopang web tersebut. Sejumlah publik memang menganggap aktifitas mendesain landing page ialah hal yg menyenangkan melainkan tentu pun tak semudah itu buat dilaksanakan... Selengkapnya

Cara Meningkatkan Traffic Blog Agar Dibanjiri Pengunjung

T 3 July 2019 F A jeffsitopu

Contents1 Cara Meningkatkan Traffic Blog dengan Cepat 1.1 Melakukan riset keyword1.2 Menulis konten yang berkualitas1.3 Meningkatkan kecepatan akses website1.4 Menggunakan LSI keyword1.5 Menulis artikel secara lengkap1.6 Menggunakan judul yang menarik1.7 Menghubungkan ke sumber informasi yang terpercaya1.8 Mengoptimalisasi penggunaan gambar1.9 Layanan... Selengkapnya

meningkatkan-trafficblog

Mengenali Keyword Blog Untuk Menaikan Traffic

T 4 July 2019 F A jeffsitopu

Contents1 Pengaruh Keyword Blog Terhadap Traffic1.1 Website masih baru1.2 Artikel tidak relevan1.3 Pembaharuan algoritma1.4 Tidak melakukan riset kata kunci1.5 Tidak menggunakan HTTPS2 Hal-hal Penting Untuk Menaikkan Traffic Blog2.1 Lakukan update artikel2.2 Melakukan perbaikan onpage2.3 Organisasikan kata kunci untuk mendapatkan peringkat... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Rekomendasi Web Hosting

Rekomendasi Web Hosting

Kode Kupon : CLUBIMERS

Twets

Rahasia Dapat 100k Follower Instagram

follower