Beranda » Blogging » Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Di Blog WordPress

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Di Blog WordPress

T Diposting oleh pada 13 August 2014
F Kategori
b 3 komentar
@ Dilihat 3652 kali

Tak sedikit blogger yang merasa bosan untuk melakukan blogging setelah menerapkannya dalam jangka waktu lama. Bahkan banyak diantaranya yang tidak pernah membuka blognya lagi, karena padatnya aktivitas yang dilakukan setiap hari. Tapi setelah anda mempelajari cara mengetahui jumlah pengunjung yang datang ke laman wordpress, peristiwa tersebut tidak akan terjadi lagi. Ya, setelah melihat angka visitor yang banyak, tentu bisa menjadi pemicu semangat untuk mulai menulis. Anda dapat menceritakan tentang kegiatan sehari-hari, sharing karya sastra, berbagi ilmu dan lainnya. Banyak sekali yang bisa dilakukan.

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung

Mungkin anda pernah melihat angka statistika pada suatu situs dan ingin menggunakannya juga. Tenang saja, karena ulasan ini akan memberitahukan anda tentang cara mengetahui jumlah pengunjung secara simple dan mudah untuk diterapkan. Berikut adalah ulasannya, yaitu :

• Stats WordPress

Bagi anda yang masih pemula. Pilihan pertama ini sangat tepat untuk dipertimbangkan. Cara mengetahui jumlah pengunjung dengan langkah tersebut hanya memerlukan beberapa klik saja dan sangat ringkas. Anda juga tidak perlu keluar dari Dashboard. Untuk melakukan pengistalan plugin yaitu hanya mencari WordPress.org Site Stats yang ada di Dashboard > Plugin. Kemudian setelah berhasil diaktifkan, untuk bisa mulai melakukan kalkulasi terhadap jumlah pengunjung memerlukan waktu beberapa jam. Selanjutnya anda dapat menemukan menu Site Stats pada menu Dasboard anda.

Selain instalnya simple, ternyata fungsinya juga banyak, yaitu anda dapat mengetahui visitor perhari dan juga perminggu, beserta jumlah pengunjung pada tiap postingan yang ada di blog. Tak hanya itu, ada pula informasi mengenai keyword yang membuat pengunjung datang ke laman dari mesin pencari. Di bawah adalah contohnya :

belajar wordpress, membuat blog, desaign blog wordpress

http://en-blog.files.wordpress.com/2012/03/stats.png

• Google Analytics

Layanan ini bersifat gratis dan bisa diaplikasikan untuk beberapa blog sekaligus. Cara mengetahui jumlah pengunjung memakai Google Analitic juga tidak terlalu rumit. Anda hanya perlu sign in disini dengan memakai akun Google. Tersedia pelayanan dalam bahasa Indonesia, sehingga mempermudah semua penggunaannya. Langkah yang perlu dikerjakan yaitu melakukan verifikasi kepemilikan blog dengan memasukkan html yang ada pada header laman anda. Kemudian anda akan mendapatkan kode penghitungan visitor.

Disarankan untuk diletakkan di bagian footer. Informasi yang bisa anda dapatkan sangat lengkap, yaitu total pengunjung berdasarkan minggu, hari bahkan sampai jam. Plugin tersebut bisa menunjukkan statistik Google Analytics ke dashboard. Jadi anda tidak perlu terlalu sering untuk berkunjung ke Google Analytics. Di bawah terdapat contohnya, anda dapat mengetahui banyak sekali informasi yang berguna.

belajar wordpress, desaign blog, membuat blog wordpress, pengunjung blog
http://technologyadvice.com/wp-content/uploads/2014/05/google-screenshot-1.jpg

• WP Slimstat

Untuk cara mengetahui jumlah pengunjung ini juga gampang. Data yang bisa diperoleh sangat banyak sekali. Meskipun awalnya mungkin anda merasa kebingungan, tapi lama-kelamaan akan terbiasa, malah dapat menjadi suatu pemberitahuan yang berguna. Untuk laporan statistik dapat dipilih untuk menampilkan overview stat yang akan menyajikan semua data pengunjung yang datang.

Konten bisa membantu dalam pemahaman mengenai kategori yang sering diakses, kategori populer, link outbond, tag populer dan lainnya. terdapat pula rincian mengenai traffic source dan pengunjung, di setiap viewnya ada banyak widget yang tampilannya dapat diatur. Untuk melakukan instal, anda dapat klik ini

belajar wordpress, desaign blog, membuat blog wordpress, pengunjung blog
Demikian ulasan mengenai cara mengetahui jumlah pengunjung. Diatas telah dijabarkan tiga jenis plugin yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Masing-masingnya tentu memiliki kelebihan tersendiri. Semoga informasi diatas bisa berguna dan bermanfaat. Selamat mencoba.

3 Komentar untuk Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Di Blog WordPress

  • uci says:

    Terima kasih sekali info-nya sangat bermanfaat

  • MyJilboobs says:

    Makasih infonya gan, ditunggu kunjungannya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Di Blog WordPress

Memilih Desain Toko Online Yang Tepat

T 7 February 2017 F A jeffsitopu

Contents1 Memilih desain toko online yang paling sesuai 1.1 Layout yang rapi1.2 Foto1.3 CTA1.4 Teks sederhana Menyediakan produk berkualitas premium saja tak cukup untuk membuat Anda sukses  menyampaikan produk tersebut hingga tiba pada target pasar yang Anda bidik bila tak... Selengkapnya

meningkatkan-trafficblog

Mengenali Keyword Blog Untuk Menaikan Traffic

T 4 July 2019 F A jeffsitopu

Contents1 Pengaruh Keyword Blog Terhadap Traffic1.1 Website masih baru1.2 Artikel tidak relevan1.3 Pembaharuan algoritma1.4 Tidak melakukan riset kata kunci1.5 Tidak menggunakan HTTPS2 Hal-hal Penting Untuk Menaikkan Traffic Blog2.1 Lakukan update artikel2.2 Melakukan perbaikan onpage2.3 Organisasikan kata kunci untuk mendapatkan peringkat... Selengkapnya

Cara Membuat Blog Untuk Mengembangkan Usaha

T 17 August 2014 F A jeffsitopu

Contents1 Adapun cara membuat blog yaitu1.1 1.       Membuat email1.2 2.       Mengunjungi situs1.3 3.       Membuat blog1.4 4.       Tips Blog Tahukah anda bagaimana cara membuat blog? Apabila anda sedang mengembangkan atau memulai sebuah usaha akan lebih baik jika anda juga tak melupakan promosi lewat dunia maya. Hal ini... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Twets