Belajar Microsoft Excel dengan Cepat dan Mudah

Belajar Microsoft Excel dengan Cepat dan Mudah

Banyak orang yang mengatakan bila belajar Microsoft Excel merupakan hal yang sulit. Microsoft Excel merupakan software atau perangkat lunak yang menjadi bagian dari software office.

Perangkat lunak ini memiliki jenis spreadsheet. Ketika awal dibuatnya Microsoft Excel, Microsoft Excel berdiri sendiri serta bukan menjadi bagian yang dimiliki oleh Microsoft Office.

Tetapi, sekarang Microsoft Excel menjadi bagian dari Office dan terdiri dari berbagai macam perangkat lunak dan menjadi kebutuhan dunia perkantoran saat ini. Microsoft Excel memiliki bentuk lembar kerja yang di distribusikan oleh Microsoft Corporation.

Kelebihan yang dimiliki dari Microsoft Excel ialah menjadi sebuah aplikasi yang begitu membantu menyelesaikan pekerjaan. Microsoft Excel bahkan memiliki berbagai macam fitur sehingga mempermudah pekerjaan saat akan mengelola data, dan fitur lainnya.

Hingga sekarang, Microsoft Excel sudah memiliki versi 2019. Walaupun antara satu versi dan versi yang lain sedikit berbeda namun fungsinya tetap sama.

 

Tutorial Cara Belajar Microsoft Excel

Menggunakan Microsoft Excel dapat dilakukan dengan mudah. Di Microsoft Excel, kamu akan bekerja dengan menggunakan sistem workboo. Nantinya di dalam workbook tersebut akan terdapat lembar kerja. Berikut langkah menggunakan lembar kerja tersebut:

 

  1. Melakukan Perhitungan Dasar

Ketika belajar Microsoft Excel, kamu harus belajar melakukan perhitungan dasar terlebih dahulu. Microsoft Excel memang ditujukan untuk melakukan pengolahan data angka yang dapat kamu tambah, dan manipulasi sesuai keinginan.

Cara melakukan perhitungan di Microsoft Excel menjadi langkah awal agar bisa mengerti seluruh konsep. Di Microsoft Excel, jika ingin menghitung angka, istilahnya menggunakan fungsi.

Fungsi bisa disebut dengan rumus, sehingga nantinya angka yang dikeluarkan sesuai dengan hasil. Jika ingin menggunakan fungsi, kamu harus mengklik kotak di Microsoft Excel dan klik sama dengan atau =.

Jika kamu ingin menghitung seperti 10+10, kamu bisa menggunakan formula =5+5. Sehingga tanda sama dengan harus diketik terlebih dulu.

Tanda perhitungan dasar yang digunakan untuk perhitungan di Microsoft Excel + untuk perjumlahan, sedangkan – untuk pengurangan, * untuk perkalian dan terakhir / untuk pembagian.

microsoft-excel-perhitungan-dasar

  1. Kalkulasi Autosum

Cara belajar Microsoft Excel yang berikutnya adalah autosum. Autosum adalah fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan kalkulasi dengan cepat dan tidak perlu repot-repot untuk mengetahui rumusnya.

Contohnya, kamu ingin menjumlahkan 20 angka di dalam 20 sel dengan 1 kolom. Kamu hanya perlu menyeleksinya kemudian klik home dan autosum. Seluruh sel bisa dijumlahkan dengan mudah.

Penggunaan autosum ini sebenarnya bukan hanya penjumlahan, namun kamu juga dapat menjalankan fungsi lain seperti average atau mencari rata-rata. Count numbers berguna untuk memperoleh jumlah sel, max mencari nilai paling besar dan min paling kecil.

belajar-microsoft-excel-autosum

  1. Otomasi Data yang Sederhana

Langkah belajar Mirosoft Excel tahap berikutnya ialah otomasi data. Bila langkah di atas mengharuskan kamu untuk memasukkan data ke dalam sel, kamu bisa belajar otomasi data sehingga nantinya kamu tidak perlu menambah data terus menerus.

Contohnya, kamu mempunyai tabel dengan kolom nomor. Nomor tentu berisi 1, bila kamu memiliki data dalam jumlah cukup banyak kamu bisa mengklik 1 di sel pertama, kemudian 2 di bawahnya.

Setelah itu, blok dua angka tersebut kemudian geser dan tahan ke bawah ketika terdapat kotak hijau. Nantinya, angka berurutan akan tersusun dari atas ke bawah, sehingga kamu tidak perlu menulis nomor lagi.

  1. Melakukan Format Angka

Format angka diperlukan bila kamu ingin memasukkan data dengan menggunakan berbagai macam jenis berbeda contohnya seperti 100%, tentu saja berbeda dengan Rp 100. Meskipun kamu mengetikkan angka yang sama-sama 100, penggunaanya pasti beda.

Dengan belajar Microsoft Excel, kamu dapat mengubah format angka sesuai keinginan. Untuk melakukan langkah ini, kamu bisa membloknya terlebih dulu, kemudian di bagian number, klik menu dengan tulisan general, dan pilih format yang diingini.

Nantinya, ketika kamu memilih currency, otomatis. Microsoft Excel akan melakukan pengubahan format menjadi bentuk rupiah.

Jika ingin latihan menggunakannya, kamu bisa mencoba mengubah-ubah tidak dalam rupiah saja, tapi seperti dollar dan mata uang lain. Jangan lupa kamu juga harus menggunakan format lainnya untuk belajar.

microsoft-excel-format-angka

  1. Belajar Microsoft Excel Membuat Tabel

Dalam belajar Microsoft Excel, kamu bukan hanya harus mempelajari rumus-rumus, namun kamu juga bisa belajar cara untuk membuat tabel. Dengan pembuatan tabel, nantinya data yang diberikan bisa diorganisir dengan lebih mudah.

Jangan salah, dengan mengisi data-data di dalam excel. Bukan berarti kamu sudah membuat tabel, kamu harus memformatnya terlebih dulu. Kamu bisa memblok data, kemudian kamu akan menemukan tombol tambahan yang berada di pojok kanan bawah.

Kamu bisa mengklik tabel. Nantinya tampilan data akan menggunakan format tabel. Jika ingin berlatih membuat tabel, kamu bisa membuat tabel yang jauh lebih kompleks.

 

  1. Membuat Grafik

Data di dalam tabel sudah pasti akan semakin menarik untuk dilihat jika terdapat grafik di sana. Dengan menggunakan grafik ini, tampilan visual akan menjadi semakin menarik. Sebenarnya, belajar Microsoft Excel dengan menggunakan grafik cukup mudah.

Grafik pada Microsoft Excel juga memiliki pilihan yang sangat banyak. Untuk membuat grafik, kamu bisa menentukan terlebih dahulu, seperti apa grafik yang akan kamu buat. Kamu bisa memilih kolom yang ingin dibuat grafik, dan gunakan CTRL.

Jika sudah selesai membloknya, kamu bisa mengklik insert di bagian charts, kemudian pilih recommended Chart. Microsoft Excel sudah menyediakan jenis grafik yang paling sesuai.

Pilih jenis grafik yang kamu ingini, bila menurutmu kurang cocok, kamu bisa memilih all charts, dan lihat seluruh jenis grafiknya. Bila sudah menentukan jenis grafik, segera klik ok.

Nantinya, tampilan grafik akan sesuai dengan data yang kamu masukkan. Contohnya kamu membuat data keuntungan paling besar, grafik tersebut akan memunculkan keuntungan paling besar.

belajar-microsoft-excel-buat-grafik

  1. Belajar Microsoft Excel Mempergunakan Format Cell

Cara belajar Microsoft Excel yang satu ini tidak boleh terlewatkan. Dengan menggunakan format cell, nantinya kamu bisa melakukan berbagai macam hal menarik agar bisa mengubah tampilan teks di dalam sel.

Contohnya, kamu ingin mengubah tampilan huruf dalam bentuk miring, kamu bisa menggunakannya di Microsoft Excel. Kamu hanya perlu blok yang ingin dirubah, kemudian klik format cell.

Kamu bisa memilih alignment, dan geser dengan menggunakan pointer mouse di orientation. Terakhir klik OK. Bila ingin berlatih menggunakan format cell, kamu bisa berlatih mengubah font.

 

  1. Mempergunakan Fungsi secara Manual

Sebelumnya, kamu sudah belajar Mirosoft Excel dengan menggunakan fungsi. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan hanya melakukan klik fungsi. Sayangnya, jika data Microsoft Excel yang kamu miliki sudah kompleks, kamu harus menggunakan cara manual.

Jika ingin menggunakan cara manual, kamu bisa mencoba menggunakan fungsi untuk menambah data. Kamu bisa membuat data angka minimal 2 sel, kemudian di sel selanjutnya kamu bisa klik “=sum”. Kemudian seleksi data yang ingin kamu tambahkan.

 

Setelah membaca berbagai macam langkah di atas. Kamu bisa mengimplementasikan dan praktek cara belajar Microsoft Excel, sehingga kamu akan semakin hafal langkahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.