html> Tutorial Belajar Powerpoint Secara Mudah dan Cepat
Tutorial Belajar Powerpoint Secara Mudah dan Cepat

Tutorial Belajar Powerpoint Secara Mudah dan Cepat

Belajar powerpoint adalah pengetahuan penting yang pasti ingin diketahui banyak orang. Itu karena, semakin kemari keberadaan power point semakin vital.

Tidak hanya membuat presentasi, sekarang penggunaannya bisa juga untuk desain logo dan video. Ini membuat berbagai hal bisa diselesaikan dengan power point.

Dalam pembuatan hal-hal semacam itu, menggunakan jasa bisa digunakan. Di luar sana, sudah banyak penyedia yang menawarkan jasa semacam itu.

Namun untuk menggunakannya, ada harga yang perlu dikeluarkan. Harganya sendiri tidak murah.

Untuk mendapatkan beberapa slide power point saja, seseorang perlu mengeluarkan uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Belum lagi jika power poin digunakan untuk membuat video.

Harganya bisa lebih mahal lagi. Untuk animasi di kisaran waktu 5 menit, harganya mencapai angka puluhan juta rupiah.

Belajar Powerpoint Tidak Sesulit yang Dibayangkan

Lebih relevan jika memutuskan untuk belajar sendiri. Selain bisa memangkas harga, uang yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.

Sudah banyak tutorial di internet yang mengajarkan tata caranya. Apabila kamu termasuk orang yang berminat mempelajarinya, berikut beberapa point penting yang perlu diketahui.

  1. Mengatur Slide

Hal pertama yang perlu diketahui saat belajar powerpoint adalah pengaturan slide. Slide sendiri merupakan isi dari apa yang akan ditampilkan.

Di daerah kiri atas panel, terdapat kolom bertuliskan New Slide. Kolom tersebut digunakan untuk pembuatan slide baru.

Jika di klik, slide baru akan otomatis muncul dengan di dalamnya sudah tersedia kolom untuk judul dan subjudul.

Menghapus slide juga tidak terlalu sulit. Di bagian sebelah kiri aplikasi, terdapat rangkaian slide yang sudah dibuat.

Jika ada slide yang ingin dihapus, lakukan klik kanan kepada slide tersebut. Setelah itu, klik delete dan slide otomatis akan terhapus.

belajar-powerpoint-slide1

  1. Data Slide

Dalam pembuatan slide, judul dan subjudul adalah poin paling penting. Selain itu, penambahan data sebagai penjelas sub judul juga bisa langsung dilakukan.

Namun ketika berbicara tentang data, yang bisa dimasukkan bukan hanya tulisan atau kalimat. Foto hingga video juga bisa ditambahkan.

Memahami ini sangatlah penting dalam belajar powerpoint. Tanpa keberadaan foto dan video, power point tidak akan terlihat menarik.

Untuk menambahkannya sendiri cukup mudah. Ketika melakukan klik ke kolom New Slide, pilihlah Title and Content. Dengan pemilihan tersebut, nantinya slide akan menambahkan insert content di bagian tengah.

Konten yang bisa dimasukkan sendiri bermacam-macam mulai dari foto, video, diagram, Smartart, hingga tabel. Ini jelas membuat power point bisa terlihat semakin kaya.

  1. Belajar PowerPoint Membuat Desain

Selanjutnya adalah membuat desain. Poin ini juga sama pentingnya. Power point dengan desain yang tidak dipikirkan akan terlihat tidak menarik.

Cara penambahan desain sendiri bermacam-macam. Bahkan di internet, sudah banyak template gratis yang bisa didownload dengan tampilan sangat menarik.

Namun jika ingin lebih mudah, sudah ada beberapa desain bawaan yang disediakan pada power point. Coba saja klik tab Design pada kolom di bagian atas.

Disana akan muncul banyak pilihan desain dengan berbagai bentuk dan warna. Desain tersebut juga responsive.

Di bagian sampingnya, kamu bisa memilih ukuran layar yang ingin ditampilkan. Nantinya desain tersebut akan mengikuti ukuran layar tersebut.

desain-ide-powerpoint

  1. Transisi

Transisi juga cukup penting saat belajar powerpoint. Dengan adanya transisi, perpindahan antara satu slide ke slide selanjutnya bisa lebih menarik.

Sudah ada kolom khusus di power point untuk mengatur transisi ini. Lokasi kolomnya sendiri berada di sebelah kanan kolom Design.

Di sana ada sebuah kolom bertuliskan Transitions. Ada berbagai jenis transisi yang disediakan disana mulai dari fade in, push, hingga reveal.

Transisinya sendiri bukan hanya memunculkan sesuatu. Transisi untuk menggeser dan menghilangkan juga disediakan.

Kamu bisa menggunakannya sesuai jenis transisi yang ingin ditampilkan. Dalam transisi, ada juga pilihan apply to all.

Dengan memilihnya, semua bagian pada slide akan secara otomatis menggunakan transisi tersebut.

  1. Belajar PowerPoint Membuat Efek mengesankan

Efek mengesankan juga bisa ditambahkan. Dalam dunia power point sendiri, efek mengesankan sering disebut dengan Transisi morph.

Ini adalah salah satu fitur unggulan pada power point. Rugi ketika belajar powerpoint tanpa mengetahui efek ini.

Dengan efek morph, perubahan antara dua slide akan terjadi secara halus. untuk melakukannya, buatlah sebuah slide dan lakukan duplikat agar menjadi dua.

Setelah itu, klik transisi morph dengan sedikit merubah slide kedua sehingga terjadi perubahan kecil jika dibandingkan dengan slide sebelumnya. Dengan itu, akan terdapat transisi yang seakan terjadi di satu slide.

Padahal itu adalah dua slide yang bergerak namun mirip. Untuk melakukan ini, seseorang perlu menggunakan office 2016.

  1. Animasi

Selain transisi, keberadaan animasi juga perlu dipikirkan. Kolom animasi juga berada di samping Transitions.

Untuk animasi sendiri, ada banyak pilihan yang bisa digunakan. Saat belajar powerpoint, perhatikanlah penggunaan animasi ini.

Jangan sampai melakukan kesalahan karena animasinya terlalu ramai. Sebaiknya, gunakanlah animasi standar seperti fade dan appear. Dengan itu, animasi akan terlihat tetap simpel.

cara-animasi-Power-Point-Bergerak

  1. Shape

Menambahkan shape juga perlu dipertimbangkan. Dengan adanya penambahan berbagai shape, presentasi akan menjadi lebih tertunjang.

Shape di power point sendiri sangat lengkap. Tanda panah, kotak, bintang, hingga berbagai macam garis juga disediakan.

Menyesuaikannya memang tidak mudah ketika belajar powerpoint. Itu karena, shape ini sering terlihat tidak cocok ketika diaplikasikan.

Namun setelah beberapa waktu, seseorang akan terbiasa menggunakannya. Menambahkan shape sendiri tidak sulit.

Pertama klik kolom insert yang ada di bagian atas. Posisinya berada di sebelah kiri kolom Design.

Setelah ditambahkan, ada banyak shape yang langsung bisa digunakan. Tambahkan saja dengan mengatur warnanya.

shape-animasi-powerpoint

  1. Link

Penambahan link juga bisa dilakukan. dengan menambahkan link, power point bisa langsung tertaut ke sebuah situs yang dijadikan tujuan.

Masih di kolom insert, terdapat tulisan link di daerah kanan atas. Klik tulisan link tersebut dan pilih link yang ingin dibuat.

Selain menuju sebuah situs, linknya sendiri bisa ditujukan ke slide selanjutnya. Untuk membuat link, buatlah shape sehingga shape itulah yang nanti akan diklik.

  1. Menu View

Poin selanjutnya saat belajar powerpoint adalah menu view. Dengan menggunakan menu view, garis besar dari sebuah slide akan diketahui.

Untuk menggunakannya, klik kolom view yang ada di bagian atas. Selanjutnya, klik juga outline view yang ada di bagian kiri atas.

Nantinya, teks di tiap slide akan masuk ke bawah tampilan slide di sebelah kiri. Dengan itu kamu bisa mendapat gambaran dengan apa yang akan ditampilkan selanjutnya.

menu-powerpoint

  1. Belajar PowerPoint Teknik Presentasi

Terakhir adalah teknik presentasi. Percuma mempelajari aplikasi ini jika tidak mengetahui cara mempresentasikannya.

Untuk melakukan presentasi, lihat icon di kanan bawah tepatnya di sebelah kiri fitur zoom. Disana akan terlihat ikon kecil yang bergambar seperti gelas kecil.

Klik ikon tersebut dan presentasi bisa dilakukan. cukup klik panah kanan untuk berpindah ke slide selanjutnya dan panah kiri untuk kembali ke slide sebelumnya.

Pastikan untuk mempelajari setiap poin dengan sebaik mungkin. Jika seseorang asal saat belajar powerpoint, hasil yang didapat pasti tidak memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.