Beranda » Tips » Tips Membuat Presentasi Power Point yang Menarik

Tips Membuat Presentasi Power Point yang Menarik

T Diposting oleh pada 13 November 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 24 kali

Presentasi merupakan salah satu media penyampaian informasi oleh informan ke audiens. Untuk menjadi seorang informan yang handal dalam presentasi membutuhkan soft skills yang baik dan profesional dalam segala bidang, termasuk kepercayaan diri. Namun sayangnya tidak semua mendapatkan kepercayaan diri yang baik.  Oleh karena itu dalam artikel kali ini kami akan menghadirkan beberapa informasi mengenai tips agar tidak mudah gugup dalam presentasi dan bagaimana cara membuat presentasi power point yang menarik.

Jika berbicara tentang gugup, hampir semua pembicara akan merasakannya. Bahkan, pembicara yang sudah professional pun kadang gugup jika dihadapkan oleh banyak orang sebagai audiens. Meskipun hal ini dinilai wajar, tetapi rasa gugup yang dialami itu bisa mengganggu jalannya presentasi.

Nah, sebelum mengetahui bagaimana cara membuat presentasi power point yang baik dan menarik. Alangkah lebih baiknya Anda mengetahui terlebih dulu apa saja yang harus Anda lakukan agar saat presentasi tidak gugup.

5 Tips Agar Tidak Gugup Saat Presentasi yang Harus Anda Ketahui

Beberapa tips berikut ini dimaksudkan untuk membantu Anda agar tidak lagi merasa grogi saat berada di harapan khalayak ramai. Penasaran kan apa saja informasinya? Yuk simak tips-tips berikut ini.

  1. Lakukan Persiapan dengan Matang

Cara mengatasi gemetar saat presentasi yang pertama adalah dengan melakukan persiapan dengan matang. Dengan melakukan persiapan yang baik, maka presentasi pun akan berjalan dengan sangat baik. persiapan ini juga sangat penting karena akan lebih membantu Anda dalam membangun kepercayaan diri, dan menjadi lebih tenang saat melakukan presentasi.

Semua hal harus dipersiapkan dengan baik, mulai dari penguasaan materi, menganalisis audiens yang hadir, dan berbagai hal lainnya yang menyangkut keberlangsungan presentasi Anda.

 

  1. Berpikirlah Positif

Ketika Anda sudah memiliki kepercayaan diri yang tinggi, penguasaan materi yang matang, dan kesiapan lainnya. Bukan berarti rasa gugup tersebut akan hilang. Bisa saja sewaktu-waktu Anda merasa gugup karena pikiran yang negatif. Pastikan untuk tidak berpikir atau khawatir terlalu cemas akan melakukan kesalahan, atau pikiran negatif lainnya.

Jika pikiran negatif itu muncul, segeralah alihkan ke pikiran yang lebih positif. Pikirkan tujuan Anda membuat presentasi ini untuk apa, dan pikirkan audiens yang merasa terkesan dengan presentasi yang Anda bawakan. Ini akan sangat membantu agar Anda tidak terlalu berpikir negatif sehingga menjadi gugup.

  1. Kenali Lingkungan Presentasi dengan Datang Lebih Awal

Cara menghilangkan grogi saat berbicara yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang melakukan presentasi di lingkungan atau tempat yang baru dan audiens yang belum dikenali. Pastikan Anda untuk datang lebih awal, dan kenali bagaimana kondisi tempat yang akan dijadikan sebagai lokasi presentasi. Jangan lupa untuk kenali audiens.

Dengan mengenali kedua aspek dalam presentasi tersebut, Anda akan jauh lebih tenang dan rasa grogi akan berkurang. Beda halnya jika Anda tidak mengetahui bagaimana lingkungan dan kondisi audiens yang ada. Itu akan membuat Anda merasa gugup dan khawatir karena belum mengenal bagaimana karakter mereka.

cara-membuat-presentasi

  1. Anggap Audiens Sebagai Teman

Hal ini sangat membantu Anda agar terhindar dari rasa gugup. Dengan menganggap audiens sebagai teman, Anda akan lebih nyaman dalam menyampaikan materi. Jika Anda menganggap audiens sebagai orang yang lebih tinggi levelnya, itu akan membuat Anda mudah grogi dan khawatir. Beda halnya jika Anda menganggap mereka adalah teman, Anda akan lebih nyaman saat berbicara.

  1. Atur Nafas

Mengatur nafas menjadi tips selanjutnya dalam cara agar tidak berkeringat saat presentasi. Ketika gugup, detak jantung akan menjadi tidak karuan dn berdetak lebih cepat. Dengan demikian, cobalah untuk sering mengatur nafas dan merilekskan tubuh Anda. Lakukan hal tersebut hingga rasa gugup Anda hilang dan merasa lebih nyaman.

Mengatur nafas sangat dianjurkan jika sewaktu-waktu di tengah presentasi Anda merasa grogi. Cobalah untuk tenang, berfikir positif, dan tarik nafas perlahan. Pastikan juga untuk sellay melempar senyum agar membuat diri Anda dan audiens lebih nyaman.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai tips untuk mengatasi rasa gugup saat presentasi. Selanjutnya kami akan hadir kan informasi mengenai bagaimana cara membuat presentasi power point yang baik dan menarik. Yuk simak informasi berikut ini.

5 Tips Membuat Presentasi Power Point yang Menarik dan Tidak Membosankan

Setelah mengetahui apa saja tips yang harus Anda lakukan dalam mengurangi rasa gugup, sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana membuat powerpoint yang baik untuk presentasi. Meskipun kesuksesan presentasi bergantung pada bagaimana penyampaian materi dari pembicara, tetapi dengan menggunakan slide power point yang menarik akan membuat audiens tidak merasa bosan dengan design yang monoton.

Slide power point ini juga bisa menjadi daya tambah jika pembicara tidak menyampaikan materi dengan baik. untuk itu, berikut ini adalah informasi cara membuat slide power point yang akan membantu Anda.

  1. Mempunyai Sebuah Kerangka

Cara membuat presentasi yang baik dimulai dari pembuatan slide yang jelas. Hal ini bisa ditunjukkan dari isi materi yang memiliki kerangka yang baik, mulai dari awalan, tengah, hingga akhir. Memulai materi dengan pertanyaan menarik yang bisa menggugah rasa penasaran audiens sangat disarankan. Dilanjutkan dengan isi materi yang ringkas dan tidak bertele-tele. Pastikan juga untuk mengakhiri slide power point dengan ajakan untuk melakukan tindakan seperti apa yang telah disampaikan.

 

  1. Menggunakan Desain yang Sederhana

Meskipun banyak yang bilang bahwa dengan menggunakan desain sederhana akan membuat audiens bosan, tetapi itu lebih baik daripada menggunakan desain yang mencolok warna dan juga teks yang berlebihan. Jika Anda ingin menggunakan desain berwarna, pastikan untuk tidak menggunakan 3 jenis warna dengan warna background natural. Gunakan juga font yang sederhana dan mudah dibaca.

 

  1. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Teks

Isi dari slide power point tersebut sangat disarankan untuk tidak menambahkan teks secara berlebihan.pastikan hanya menyatukan isi secara ringkas dan mudah dipahami secara garis besar, karena nantinya pembicara yang akan menjelaskan rincian tersbeut dengang detail. Selain itu, jika Anda terlalu banyak menggunakan teks maka perhatian audiens tidak akan fokus ke pembicara.

 

  1. Gunakan Gambar yang Bisa Menjelaskan Materi

Cara membuat powerpoint yang unik bisa dengan menggunakan gambar sebagai bahan yang bisa menjelaskan materi secara ringkas. Carilah gambar yang bisa mendeskripsikan materi yang Anda sampaikan, dengan demikian audiens tidak perlu repot membaca materi di slide power point yang ditampilkan. Dengan menggunakan gambar juga audiens akan menebak dan penasaran materi apa yang akan disampaikan, dan akan fokus kepada Anda sebagai pembicara.

 

  1. Gunakan Grafik yang Menarik

Selain gambar, Anda juga menggunakan grafik sebagai bahan visualisasi slide power point. Dengan menggunakan grafik, Anda bisa menjelaskan materi tentang naik turunya pendapatan usaha, atau sejenisnya. Hal ini akan memudahkan audiens dalam mencerna materi yang Anda sampaikan. Selain itu, dengan menggunakan grafik akan membuat tampilan lebih menarik dan tidak membuat bosan.

Nah, itulah 5 cara membuat presentasi power point yang bisa Anda lakukan. Selain menggunakan power point yang menarik pastikan juga Anda menggunakan  kiat-kiat dalam mengurangi rasa gugup seperti yang sudah dibahas di atas.

Belum ada Komentar untuk Tips Membuat Presentasi Power Point yang Menarik

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Tips Membuat Presentasi Power Point yang Menarik

kriteria presentasi yang baik

Kriteria Presentasi yang Baik beserta Cara Penyampaian Presentasi

T 11 November 2020 F A jeffsitopu

Presentasi merupakan sebuah kompetensi yang dibutuhkan oleh setiap orang untuk menyampaikan ide atau konsep yang dimilikinya, sesuai dengan tujuan presenter. Untuk mencapai keberhasilan, Anda perlu memenuhi kriteria presentasi yang baik. Anda dapat membuat pesan berupa visi misi, laporan, tugas kuliah... Selengkapnya

Levidio Presentation

T 7 November 2020 F A jeffsitopu

Penawaran bonus dari: Jefri Raymon Gunakan kupon JEFRIRAYMON DOWNLOAD SEKARANG Solusi Terlengkap untuk Membuat Presentasi & Video untuk Berbagai Kebutuhan 90.000+ Slide dalam 1.300+ Template untuk Belajar daring, webinar, e-course, presentasi bisnis, promo produk bahkan game interaktif sekalipun Apa yang... Selengkapnya

kesalahan-dalam-presentasi

10 Hambatan Memulai Presentasi yang Sebaiknya Anda Hindari

T 11 November 2020 F A jeffsitopu

Peluang bisnis sekarang ini sudah semakin terbuka lebar, yah bisa dibilang tidak terlalu banyak hambatan untuk menjadi wirausaha. Para calon wirausaha juga tidak perlu terlalu memikirkan soal modal, karena bisa diperoleh dari investor. Tapi untuk mendapatkan investor tentunya seorang wirausaha... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Tips Instagram Marketing

tips-instagram

100k Follower Instagram

follower instagram