10 Hambatan Memulai Presentasi yang Sebaiknya Anda Hindari

Jefri Sitopu

kesalahan-dalam-presentasi

Peluang bisnis sekarang ini sudah semakin terbuka lebar, yah bisa dibilang tidak terlalu banyak hambatan untuk menjadi wirausaha. Para calon wirausaha juga tidak perlu terlalu memikirkan soal modal, karena bisa diperoleh dari investor. Tapi untuk mendapatkan investor tentunya seorang wirausaha perlu melakukan presentasi dengan baik. Tapi seringkali banyak orang yang malah gagal dalam presentasinya. Agar Anda tidak seperti mereka, simak hambatan memulai presentasi yang sebaiknya Anda hindari berikut ini.

Pastinya semua orang ingin tampil baik saat sedang menyampaikan presentasi. Tapi terkadang cara presentasi yang salah membuat para audiens merasa bosan dan tidak antusias menghadiri presentasi Anda. Rasa bosan yang dialami para audiens bisa dilihat dari tingkah audiens seperti menguap, sibuk dengan gadgetnya, melihat jam dan bahkan tertidur.

Memang tidak semua orang langsung bisa menyampaikan presentasi dengan baik dengan sekali coba. Bahkan presenter kondang pun awalnya pasti melakukan kesalahan. Tapi mereka terus belajar dan berusaha hingga akhirnya mereka bisa menyampaikan presentasi bahkan suatu acara dengan baik memukau. Begitupun dengan Anda, jika Anda terus belajar, maka semua hambatan memulai presentasi bisa Anda lewati.

Hambatan Memulai Presentasi yang Sebaiknya Anda Hindari

Mungkin masih ada orang yang berpikir bahwa presentasi hanyalah berbicara dengan bantuan slide dalam bentuk media. Presentasi tidak sesimple itu kawan, karena pola pikir seperti itu terkadang menjadi hambatan memulai presentasi. Agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam presentasi, simak beberapa hal yang harus Anda hindari.

hambatan-&-kesalahan-presentasi

  1. Merendahkan Diri Saat Memulai Presentasi

Fungsi opening saat presentasi adalah untuk meyakinkan audiens bahwa Anda akan membawa presentasi yang baik dan menarik. Merendahkan diri sebelum memulai presentasi hanya akan membuat kredibilitas Anda di mata audiens menjadi berkurang.

Bukan berarti Anda harus sombong, tapi jangan sekali-kali Anda merendahkan diri Anda walaupun masih banyak yang lebih kompeten dari Anda. Ada sebuah novel remaja di tahun 80-an yang mengatakan bahwa ”merendahkan diri justru dapat meninggikan mutu”.

Kata-kata yang dapat merendahkan diri Anda seperti “saya tidak menguasai materi saya” atau “semoga Anda tidak bosan dengan presentasi saya”. Kata-kata seperti itu hanya akan menjadi hambatan memulai presentasi Anda. Bahkan kata-kata seperti itu akan membuat Anda menjadi tidak percaya diri.

  1. Membaca Slide

Anda bukan anak SMA yang ketika sedang presentasi di depan kelas hanya membaca teks yang ada di slide saja. Yang Anda presentasikan adalah bisnis Anda, usaha Anda, program Anda! Jadi Anda harus menguasai apa isi presentasi yang Anda bawakan. Ingat, slide hanya sebuah media yang membantu Anda menyampaikan pesan.

Tujuan presentasi bukan hanya sekedar membaca, tapi bagaimana agar audiens dapat tertarik dengan apa yang Anda sampaikan. Dalam hal ini Anda perlu banyak belajar berbicara di depan orang banyak, agar apa yang Anda sampaikan dapat ditangkap oleh audiens.

  1. Terlalu Banyak Informasi

Waktu presentasi tidak begitu lama, biasanya hanya 10 sampai 15 menit, bahkan ada yang 5 menit saja. Pergunakan waktu Anda itu untuk menyampaikan semua inti dari presentasi Anda. Terlalu banyak informasi yang disampaikan hanya akan membuat audiens menjadi bingung. Jadi pergunakan waktu yang singkat itu hanya untuk membagikan informasi yang penting.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"