Beranda » Tips » Kriteria Presentasi yang Baik beserta Cara Penyampaian Presentasi

Kriteria Presentasi yang Baik beserta Cara Penyampaian Presentasi

T Diposting oleh pada 11 November 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 41 kali

Presentasi merupakan sebuah kompetensi yang dibutuhkan oleh setiap orang untuk menyampaikan ide atau konsep yang dimilikinya, sesuai dengan tujuan presenter. Untuk mencapai keberhasilan, Anda perlu memenuhi kriteria presentasi yang baik. Anda dapat membuat pesan berupa visi misi, laporan, tugas kuliah dan lainnya secara unik, lalu disampaikan dengan menarik. Jika Anda tidak dapat mengemas bahan presentasi dengan menarik, maka audiens akan bosan membuat presentasi yang diberikan.

Efektifnya sebuah presentasi dipengaruhi oleh seorang presenter dalam menyampaikan kan materi presentasi kepada audiens. Tentu saja, setiap presenter memiliki gaya yang berbeda mulai dari sesuai kepribadiannya, bahasa tubuhnya dan lain-lain. Oleh sebab itu, Anda perlu mencari gaya presentasi yang pas dan sesuai dengan audiens.

kriteria-presentasi

5 Kriteria Presentasi yang Baik

Selain dari cara penyampaian presentasi yang tepat, Anda juga harus memperhatikan tema presentasi serta materi yang akan disampaikan. Pasalnya ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas presentasi Anda. Adapun berikut ini merupakan 5 kriteria presentasi yang baik, di antaranya yaitu:

  1. Impressive

Tujuan presentasi yaitu untuk menyampaikan ide atau konsep yang Anda miliki ke audience. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki karakter impressive, artinya presentasi yang Anda bagikan dapat menarik serta menghipnotis perhatian audience. Dengan begitu, audience akan lebih fokus terhadap layout, content, data hingga cara penyampaian Anda.

Oleh sebab itu, Anda harus membuat layout PowerPoint yang pas, jangan menulis konten terlalu banyak dalam satu slide, karena hal tersebut membuat tulisan menjadi kecil dan audiens akan sulit membacanya. Selain itu tulisannya terlalu banyak juga membuat fokus berkurang. Anda juga harus memperhatikan ornamen serta warna yang digunakan dalam slide, jangan terlalu ramai dan terlalu polos, karena kekuatan presentasi terdapat pada point-point yang akan dijelaskan.

  1. Powerful

Presentasi yang bagus merupakan presentasi yang dapat memberikan energi positif kepada audiens. Oleh sebab itu, Anda harus menyampaikan hal-hal positif dengan semangat. Pasalnya presentasi yang powerful akan diingat lama oleh para audiens, bahkan dapat menggerakkan audiens untuk melakukan hal yang Anda sampaikan setelah presentasi.

  1. Aktual

Kriteria presentasi yang baik selanjutnya yaitu aktual, artinya setiap materi, data, kejadian, ilmu, dan konten dalam presentasi Anda sesuai dengan perkembangan atau keadaan terkini.

Jika Anda memberikan presentasi yang tidak aktual atau data terlalu lama, maka audiens tidak akan tertarik untuk memperhatikan Anda dan berpikir jika kejadian tersebut tidak cocok dengan keadaan sekarang. Oleh sebab itu, presenter harus pintar memilih informasi atau konten yang menarik hati audience.

  1. Kontekstual

Presentasi harus bersifat kontekstual, artinya fokus dengan pembahasan yang akan dibagikan. Percuma saja jika pembuatan PowerPoint bagus dan menarik namun konteksnya tidak relevan dengan apa yang ingin disampaikan, karena hal tersebut membuat audiens tidak memahami dengan baik.

  1. Trustworthy

Kriteria PowerPoint yang baik harus trustworthy, artinya segala kejadian, pelajaran, data ilmiah, tabel dan apa saja yang ada dalam presentasi merupakan kejadian nyata sebenarnya, bukan sebuah rekayasa. Sehingga sebelum membuat PowerPoint Anda harus melakukan riset yang sesuai dengan fakta di lapangan, Sumber data yang digunakan juga harus bersifat alamiah.

Jika Anda tidak menggunakan data yang benar pada presentasi, hal tersebut dapat mempengaruhi penilaian presentasi dan kepercayaan audiens kepada Anda. Mengingat kejujuran data, baik sekunder maupun primer merupakan kewajiban

cara-presentasi

 

5 Cara Menyampaikan Presentasi yang Baik

Sebelum menyampaikan presentasi, sebaiknya Anda melatih komunikasi, cara bicara serta bahasa tubuh yang tepat. Jangan sampai PowerPoint yang Anda buat sudah bagus, namun cara penyampaiannya kurang jelas. Adapun berikut ini merupakan 5 cara menyampaikan presentasi yang baik, di antaranya yaitu:

  1. Tunjukkan Passion Anda

Ketika menyampaikan presentasi, Anda harus percaya diri untuk menunjukkan fashion kepada audiens. Tunjukkan kepada mereka jika Anda mampu membawakan tema presentasi tersebut dengan semangat dan antusias. Pastikan penyampaian sesuai dengan point yang Anda buat, Jangan membuat pembahasan melebar karena hal tersebut membuat audiens menjadi kurang fokus.

Passion ditunjukkan dengan rasa percaya diri, Jika Anda ragu, audiens pun akan malas mendengarkan Anda. Sebaliknya, jika Anda semangat, audience pun akan semangat mendengarkan Anda

  1. Pembukaan Presentasi yang Memukau

Penilaian kriteria presentasi yang baik pertama kali dinilai dari pembukaan presentasi yang memukau. Maka jangan heran, jka kesan pertama yang ditunjukkan audiens kepada Anda yaitu ketika pembukaan presentasi. 2 hingga 3 menit pertama presentasi Anda akan menentukan, apakah Audience siap mendengar presentasi Anda sampai habis atau tidak. J

ika audiens terlihat semangat dan penasaran, presentasi yang Anda sampaikan dapat dikatakan bagus. Anda harus memperhatikan hal tersebut, karena banyak presentasi yang gagal akibat presenter tidak mampu menyampaikan pembukaan presentasi dengan baik

  1. Sampaikan Dengan Singkat dan Lugas

Audiensi akan malas jika mendengarkan seseorang yang bertele-tele dalam memberikan informasi. Oleh sebab itu, Anda harus menyampaikan presentasi dengan singkat dan lugas, agar audiens tidak bosan dan presentasi berjalan dengan efektif.

Anda dapat menyampaikan poin-poin penting dari pembahasan presentasi lalu memberikan penjelasan singkat. Yang harus Anda utamakan yaitu pembukaan serta penutupan presentasi, karena bagian tersebut akan diingat oleh audiens. Pastikan Anda memberikan kesimpulan di akhir presentasi.

Singkat atau tidaknya presentasi bukan dilihat dari waktu penyampaian Anda berbicara, tetapi bagaimana Anda memanfaatkan materi pendukung yang disajikan, agar audiens tidak merasa bosan. Anda juga harus membuat slide dengan simple, namun tetap menarik agar mudah dipahami oleh para audiens.

  1. Bersikap Rileks

Cara presentasi yang baik yaitu Anda harus bersikap rileks dan tidak perlu ragu untuk menyampaikan sesuatu. Pasalnya kebanyakan presenter gagal disebabkan karena mereka hanya berdiam diri di atas panggung dan gugup ketika menyampaikan presentasi.

Untuk mengatasinya Anda bisa harus rileks dan menguasai panggung, seperti berjalan-jalan di atas panggung atau mendekat ke audiens dan membangun komunikasi dengan audiens.

Dengan begitu, maka tidak ada batasan antara presenter dengan audiens artinya Anda dapat berdiskusi dengan mereka tanpa rasa canggung. Mereka akan percaya dan merasa dekat dengan Anda, jika Anda mampu membawa presentasi dengan tepat.

  1. Menggunakan Teknologi

Kriteria presentasi yang baik selanjutnya yaitu dengan menggunakan teknologi agar presentasi semakin menarik dan memukau. Anda bisa memakai handled remote untuk menggerakkan slide PowerPoint dengan bebas. Dengan begitu Anda tidak terpaku pada layar komputer. Agar lebih menarik, Anda juga bisa menyisipkan potongan animasi maupun video yang berhubungan dengan pembahasan presentasi Anda, ke dalam slide presentasi. Sehingga audience tidak merasa bosan dan jenuh.

Itulah beberapa hal mengenai kriteria presentasi yang baik beserta cara penyampaian presentasi dengan tepat. Tanpa disadari, presentasi merupakan penggambaran diri kita, mulai dari bagaimana cara kita berpikir, menanggapi sesuatu dan berkomunikasi.

Belum ada Komentar untuk Kriteria Presentasi yang Baik beserta Cara Penyampaian Presentasi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Kriteria Presentasi yang Baik beserta Cara Penyampaian Presentasi

cara-membuat-presentasi-power-point

Tips Membuat Presentasi Power Point yang Menarik

T 13 November 2020 F A jeffsitopu

Presentasi merupakan salah satu media penyampaian informasi oleh informan ke audiens. Untuk menjadi seorang informan yang handal dalam presentasi membutuhkan soft skills yang baik dan profesional dalam segala bidang, termasuk kepercayaan diri. Namun sayangnya tidak semua mendapatkan kepercayaan diri yang... Selengkapnya

Levidio Presentation

T 7 November 2020 F A jeffsitopu

Penawaran bonus dari: Jefri Raymon Gunakan kupon JEFRIRAYMON DOWNLOAD SEKARANG Solusi Terlengkap untuk Membuat Presentasi & Video untuk Berbagai Kebutuhan 90.000+ Slide dalam 1.300+ Template untuk Belajar daring, webinar, e-course, presentasi bisnis, promo produk bahkan game interaktif sekalipun Apa yang... Selengkapnya

kesalahan-dalam-presentasi

10 Hambatan Memulai Presentasi yang Sebaiknya Anda Hindari

T 11 November 2020 F A jeffsitopu

Peluang bisnis sekarang ini sudah semakin terbuka lebar, yah bisa dibilang tidak terlalu banyak hambatan untuk menjadi wirausaha. Para calon wirausaha juga tidak perlu terlalu memikirkan soal modal, karena bisa diperoleh dari investor. Tapi untuk mendapatkan investor tentunya seorang wirausaha... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Tips Instagram Marketing

tips-instagram

100k Follower Instagram

follower instagram