Cara Membuat Video Presentasi Powerpoint dengan Mudah

Cara Membuat Video Presentasi Powerpoint dengan Mudah

Video presentasi powerpoint bisa menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang sedang menyiapkan konten untuk presentasi. Video merupakan bentuk file yang paling diminati dibanding tulisan atau artikel saja yang cenderung lebih membosankan.

Banyak aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk membuat video presentasi, namun tetap ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi kamu yang masih awam dalam pembuatan video presentasi, maka powerpoint bisa jadi solusinya.

Keuntungan Gunakan Video Presentasi Powerpoint

Presentasi merupakan salah satu kegiatan yang sering kita jumpai dalam bidang bisnis maupun pendidikan. Presentasi berfungsi untuk memperkenalkan suatu produk, program, sosialisasi, informasi, hingga ilmu pada khalayak umum.

Tujuan utama presentasi adalah menyampaikan informasi sesuai dengan maksudnya masing-masing kepada audiens atau target presentasi. Presentasi dikatakan berhasil apabila informasi yang ingin disampaikan mampu dipahami oleh para audiens.

Penggunaan powerpoint memudahkan kita untuk membuat konten presentasi sedemikian rupa dengan berbagai hal yang menarik hingga menjadi sebuah video. Dengan begitu, informasi yang disampaikan akan lebih mudah dimengerti.

Cara Membuat Video Presentasi Powerpoint

Seperti yang kita tahu bahwa banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan video presentasi powerpoint sesuai dengan tujuannya masing-masing. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara membuatnya.

Padahal bisa dikatakan bahwa powerpoint merupakan salah satu media yang paling mudah untuk membuat video presentasi dibandingkan aplikasi atau software lainnya. Itulah mengapa lebih mudah juga bagi kamu untuk mempelajari penggunaannya.

Asalkan kamu bisa membuat konten menarik menggunakan powerpoint, maka lebih mudah lagi untuk membuatnya sebagai video yang berkualitas nantinya. Tidak perlu bingung lagi karena berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara pembuatannya.

Video-Presentasi-Powerpoint

  1. Buat Konten Presentasi

Sebelum membuatnya dalam bentuk video, pastikan kamu telah membuat konten presentasi yang sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari judul presentasi, perkenalan, hingga masuk pada inti informasi yang ingin disampaikan pada khalayak umum.

Di sini, kamu bisa menambahkan berbagai bentuk konten yang menarik, seperti gambar, ilustrasi, video, suara, efek tulisan dan lain sebagainya. Tambahan aksen seperti itulah yang membuat video kamu nantinya akan semakin menarik.

Jangan lupa untuk mempercantik background, efek tulisan, dan lain sebagainya agar audiens tidak merasa bosan saat melihat presentasi tersebut. Kamu harus bisa memilah informasi mana yang harus ditampilkan agar presentasi tidak penuh.

  1. Klik Menu File untuk Export

Apabila konten presentasi sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah mengubah presentasi yang semula hanya berbentuk tulisan atau gambar menjadi video. Caranya sangatlah mudah dan kamu harus menyesuaikan dengan tahun microsoft.

Jika kamu ingin membuat video presentasi powerpoint, klik menu file yang ada di menu powerpoint, kemudian carilah pilihan export. Setelah itu, Kamu akan diberikan pilihan beberapa bentuk file, termasuk video dengan berbagai pilihan format.

Setelah itu, simpan file dalam bentuk video dan tunggulah beberapa saat hingga nanti muncul pengaturan selanjutnya, yaitu kualitas dan tempat penyimpanan. Langkah selanjutnya akan kita bahas melalui informasi di bawah ini.

  1. Sesuaikan Kualitas

Kualitas video presentasi tentu dapat memengaruhi bagaimana minat audiens nantinya dalam menyimak presentasi kita. Pastikan untuk membuat video presentasi yang berkualitas, jernih dan jelas sehingga informasinya lebih mudah dipahami.

Setelah kamu memilih bentuk file video yang diinginkan, selanjutnya akan ditampilkan kota dialog yang berisi pengaturan kualitas dari video tersebut. Semakin berkualitas video presentasi powerpoint maka semakin besar juga resolusinya.

Pemilihan kualitas video ini nantinya kita akan berpengaruh pada durasi eksport, meskipun tidak terlalu signifikan. Jika kamu ingin membuat video presentasi untuk ditampilkan pada audiens, maka pilihlah kualitas terbaik yang bisa kamu pilih.

  1. Pilih Folder Penyimpanan

Setelah konten powerpoint sudah di export menjadi bentuk video sesuai dengan kualitasnya, jangan lupa untuk menentukan tempat penyimpanan folder. Hal ini sebenarnya bisa diatur lagi karena file bisa dipindahkan atau copy paste.

Paling tidak kamu harus menentukan terlebih dahulu tempat untuk menyimpan video hasil export powerpoint. Penyimpanan bisa dilakukan langsung di flashdisk atau penyimpanan eksternal lainnya hingga disimpan saja di drive PC.

Bagi kamu yang ingin membuat video presentasi berkualitas, mudah dan murah, gunakan saja software powerpoint. Video presentasi powerpoint siap digunakan untuk berbagai keperluan bisnis, pendidikan dan lain sebagainya.

Dapatkan Template Video Presentasi Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.