Cara cek VGA laptop: Panduan Praktis untuk Mengecek VGA Laptop Anda

jefriray

VGA laptop

VGA (Video Graphics Array) laptop adalah komponen penting yang bertanggung jawab untuk menghasilkan tampilan grafis pada layar. Ketika menghadapi masalah performa grafis atau ingin mengetahui spesifikasi VGA laptop Anda, penting untuk dapat melakukan pemeriksaan yang tepat dengan menyimak pembahasan cara cek VGA laptop berikut ini.

Performa grafis yang optimal sangat penting dalam pengalaman menggunakan laptop, terutama jika Anda adalah pengguna yang sering melakukan tugas berat seperti gaming atau pemrosesan grafis. Salah satu komponen yang menentukan performa grafis adalah VGA (Video Graphics Array) laptop. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara cek VGA laptop kalian dengan mudah serta mengetahui seberapa baik performanya. Namun sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui mengenai VGA laptop yakni tentang penjelasan apa itu VGA laptop serta beberapa jenis VGA laptop yang bisa kalian ketahui.

Apa itu VGA Laptop?

Apa sih VGA laptop? Apa itu VGA laptop? Beberapa pertanyaan seperti ini sering sekali muncul, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara singkat mengenai VGA laptop. VGA Laptop adalah kartu grafis yang terpasang pada motherboard laptop. Biasanya, kartu grafis ini berbentuk chip terintegrasi atau kartu grafis diskrit. 

VGA laptop bertugas mengubah data digital menjadi sinyal grafis yang ditampilkan di layar laptop. VGA laptop memiliki memori video sendiri dan menentukan kemampuan laptop untuk menjalankan aplikasi dan game yang membutuhkan pemrosesan grafis yang intensif. Bagaimana, sudah paham mengenai VGA laptop?

Cara cek VGA laptop

Baca juga: jenis-jenis SSD dan manfaatnya

Setelah paham tentang apa itu VGA Laptop, selanjutnya akan saya bahas beberapa macam VGA laptop yang bisa kalian ketahui. Ada beberapa jenis VGA yang mana beberapa VGA tersebut memiliki perbedaan masing-masing antara satu sama lain seperti VGA integrated maupun VGA diskrit.

Apa saja Jenis VGA Laptop?

Jenis VGA laptop yang pertama adalah VGA integrated. Jenis VGA ini terpasang langsung pada motherboard laptop. Mereka berbagi memori sistem dengan CPU dan memiliki performa yang lebih rendah. Cocok untuk penggunaan umum seperti browsing web, pengolahan dokumen, dan streaming video.

Selanjutnya ada kartu grafis diskrit atau VGA diskrit. VGA diskrit adalah kartu grafis terpisah yang memiliki memori video yang terdedikasi dan prosesor grafis yang lebih kuat. VGA ini memberikan performa grafis yang unggul dan cocok untuk gaming, desain grafis, pemrosesan video, dan tugas komputasi berat lainnya.

Nah itu dia sedikit pembahasan singkat mengenai pengertian dari VGA laptop beserta jenis VGA laptop yang bisa kalian ketahui. Setelah mengetahui hal tersebut, sudah saatnya kita menuju pembahasan utama kali ini tentang cara memeriksa VGA laptop. Penasaran dengan caranya? Simak pembahasan berikut ini.

Cara Cek VGA Laptop dengan Mudah

1. Device Manager (Manajer Perangkat):

Langkah pertama cara cek VGA laptop adalah menggunakan “Device Manager” atau “Manajer Perangkat” pada sistem operasi Windows untuk memeriksa VGA laptop. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol Windows + R untuk membuka jendela “Run”.
  • Untuk membuka Device Manager, silahkan tulis “devmgmt.msc” lalu tekan Enter.
  • Cari kategori “Display adapters” dan klik tanda panah di sebelahnya untuk melihat perangkat VGA yang terpasang.
  • VGA yang tercantum adalah VGA laptop Anda. Klik kanan dan pilih “Properties” untuk melihat informasi lebih lanjut tentang VGA tersebut, termasuk produsen dan model.

VGA laptop

2. Utilitas Pihak Ketiga:

Ada beberapa utilitas pihak ketiga yang dapat digunakan untuk memeriksa dan menganalisis VGA laptop dengan lebih detail. Beberapa contoh populer adalah:

  • GPU-Z: GPU-Z adalah utilitas gratis yang memberikan informasi rinci tentang kartu grafis, termasuk kecepatan clock, jumlah core, memori, dan spesifikasi teknis lainnya.
  • MSI Afterburner: Selain sebagai utilitas overclocking, MSI Afterburner juga dapat memberikan informasi tentang performa VGA laptop, termasuk suhu, kecepatan clock, penggunaan memori, dan lainnya.
  • Speccy: Speccy adalah utilitas yang menyediakan informasi lengkap tentang perangkat keras komputer, termasuk VGA laptop.

3. Lewat Task Manager:

Cara cek VGA laptop selanjutnya adalah lewat Task manager. Dan cara untuk melihat VGA melalui task manager adalah sebagai berikut:

  • Pada bagian kosong taskbar bawah, klik kanan lalu pilih tulisan task manager.
  • Selanjutnya buka bagian performance dan pilih tulisan GPU dan setelah itu kalian bisa mengecek kartu grafis laptop kalian.

4. Via settings:

Cara cek VGA laptop termudah selanjutnya adalah melalui menu settings atau pengaturan. Caranya adalah:

  • Klik tombol windows, lalu ketika ‘settings’ pada kolom pencarian di menu start.
  • Selanjutnya silahkan klik menu ‘system’ lalu buka menu ‘display’.
  • Pada bagian bawah menu ‘display’ pilih menu ‘advanced display settings’.
  • Setelah itu kalian bisa melihat status kartu grafis pada menu ‘display 1’.

5. Menggunakan dxdiag:

Cara cek VGA laptop terakhir pada pembahasan kali ini adalah melalui dxdiag windows. Berikut adalah cara melakukannya:

  • Tekan logo windows di keyboard dengan huruf ‘R’ secara bersamaan.
  • Selanjutnya akan muncul kolom pencarian, ketika ‘dxdiag’ lalu klik enter.
  • Selanjutnya akan muncul menu ‘ Directx Diagnostic Tool’ lalu pilih menu display.
  • Setelah itu kalian bisa melihat informasi mengenai VGA yang terpasang pada laptop kalian.

Mengetahui cara cek VGA laptop adalah langkah penting untuk mengetahui performa grafis yang dimiliki. Dengan menggunakan Device Manager, utilitas pihak ketiga, dan lain sebagainya, kalian dapat memeriksa dan menganalisis VGA laptop dengan mudah dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang performa VGA laptop.

Terimakasih Sahabat jefriraymonsitopu.com, Semoga artikel ini ada manfaatnya buka kalian semua.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"