Terungkap, Begini Cara Mengecek RAM Laptop dengan Mudah di Windows 7 dan 10!

jefriray

Cara mengecek ram laptop

Mengecek RAM pada laptop merupakan langkah penting untuk memahami penggunaan sumber daya sistem dan memastikan kinerja yang optimal. Melalui artikel ini, nantinya Anda akan mengetahui cara mengecek ram laptop di Windows 7 dan 10. Dengan penjelasan yang jelas dan mudah diikuti, Anda akan dapat dengan cepat dan efektif memperoleh informasi tentang kapasitas RAM laptop tentunya!

Berbagai Macam Alasan Mengapa Anda Harus Mengecek RAM laptop

Mengecek RAM melalui Dxdiag memiliki manfaat penting dalam mengelola dan memperbaiki performa laptop Anda, berikut alasannya :

Mengetahui Kapasitas RAM yang Terpasang Pada Laptop 

Satu hal yang wajib diingat yaitu, mengetahui kapasitas RAM pada laptop dapat memungkinkan Anda untuk mengetahui seberapa banyak memori yang tersedia untuk sistem dan aplikasi. Hal ini penting karena kapasitas RAM yang cukup memungkinkan laptop untuk menjalankan tugas yang lebih berat secara lancar tanpa terjadi keterbatasan memori. 

Cara mengecek ram laptop

Baca juga; mengenal laverage untuk modal kecil

Memeriksa Kecepatan RAM Untuk Memastikan Performa yang Optimal

Kecepatan RAM adalah faktor penting dalam menentukan seberapa cepat laptop Anda dapat mengakses dan memproses data. Dengan mengetahui cara mengecek ram laptop, Anda dapat memastikan bahwa laptop tersebut memiliki performa yang optimal saat menjalankan tugas-tugas yang membutuhkan kecepatan tinggi.

Baik itu menjalankan aplikasi berat, memainkan game yang intensif, atau bahkan kegiatan multitasking lainnya. Dengan memastikan kecepatan RAM yang sesuai, Anda dapat memaksimalkan responsivitas dan efisiensi laptop.

Mengetahui Jenis RAM yang Digunakan Untuk Keperluan Kompatibilitas

Setiap jenis RAM memiliki spesifikasi yang berbeda, seperti DDR3, DDR4, atau LPDDR4. Dengan mengetahui cara mengecek ram laptop, maka hal ini bisa memudahkan Anda saat ingin menambah atau meng-upgrade memori tersebut. 

Selain itu, mengetahui jenis RAM yang sudah terpasang juga bisa memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa RAM yang ditambahkan itu tadi sesuai dengan spesifikasi laptop. Ini akan mencegah masalah kompatibilitas yang mungkin terjadi dan memastikan bahwa RAM baru dapat berfungsi dengan baik.

Mampu Memonitor Penggunaan RAM Secara Real-Time

Memantau penggunaan RAM secara real-time memungkinkan Anda melihat seberapa banyak memori yang sedang digunakan oleh sistem dan aplikasi pada saat tertentu. Mengetahui cara mengecek ram laptop ini penting untuk mengidentifikasi aplikasi atau proses yang memakan banyak memori atau jika penggunaannya melebihi kapasitas maksimum. 

Dengan pemantauan yang baik, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan RAM dan mengelola sumber daya dengan lebih efisien. Ini dapat membantu mencegah kinerja yang lambat atau terbatas karena kekurangan memori dan memastikan laptop Anda berjalan dengan lancar.

Membandingkan Kapasitas RAM dengan Penggunaan Aktual Untuk Mengoptimalkan Penggunaan Sumber Daya

Dengan membandingkan kapasitas RAM dengan penggunaan aktual, Anda dapat melihat sejauh mana laptop tersebut bisa memanfaatkan potensi RAM yang tersedia. Jika penggunaan RAM jauh di bawah kapasitas maksimum, Anda dapat memanfaatkannya untuk menjalankan lebih banyak aplikasi atau tugas yang lebih berat tanpa terjadi keterbatasan memori. 

Di sisi lain, jika penggunaan RAM mendekati atau melebihi kapasitas maksimum, Anda dapat mengidentifikasi aplikasi atau proses yang memakan banyak memori. Bahkan, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Dengan mengetahui cara mengecek ram laptop ini, Anda dapat menjaga performa laptop tetap efisien.

Ini Dia Cara Mengecek Ram Laptop Windows 7 Melalui Task Manager

Perlu Anda ketahui bahwa Task Manager sendiri merupakan sebuah alat yang berguna untuk memantau dan mengelola proses yang berjalan di komputer. Di mana Task Manager ini tersedia di setiap sistem operasi windows. Tidak hanya itu saja, Task Manager sendiri juga memberikan informasi tentang penggunaan sumber daya sistem, termasuk RAM (Random Access Memory). 

Tips mengecek ram laptop

Di mana RAM sendiri adalah komponen penting dalam laptop Anda yang berperan dalam menyimpan data yang sedang digunakan secara sementara oleh sistem dan program yang berjalan. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak program dan data yang dapat diakses secara simultan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kinerja keseluruhan laptop Anda. 

Dengan menggunakan Task Manager, Anda dapat dengan mudah memeriksa seberapa banyak RAM yang sedang digunakan oleh sistem dan aplikasi. Berikut adalah cara mengecek ram laptop dengan menggunakan Task Manager di Windows :

Buka Task Manager

Untuk membuka Task Manager, ada beberapa metode pintas yang dapat Anda gunakan. Salah satunya adalah dengan menekan tombol “Ctrl + Shift + Esc” secara bersamaan pada keyboard Anda. Anda juga dapat mengklik kanan pada taskbar di desktop dan memilih “Task Manager” dari menu yang muncul.

Tampilan Task Manager

Setelah Task Manager terbuka, Anda akan melihat jendela dengan beberapa tab yang berbeda. Pada versi terbaru Windows, tab default yang terbuka adalah “Proses”. Namun, untuk melihat informasi RAM, Anda perlu mengklik tab “Kinerja” atau “Performa” (tergantung pada versi Windows masin-masing).

Periksa Penggunaan RAM

Cara mengecek ram laptop selanjutnya yaitu dengan membuka tab “Kinerja” atau “Performa” Task Manager. Sehingga nantinya Anda akan melihat grafik yang menunjukkan penggunaan CPU, RAM, dan sumber daya lainnya. Di bagian atas jendela, Anda akan menemukan informasi tentang penggunaan RAM saat ini, yang dapat disebut sebagai “Penggunaan Fisik” atau “Memori Fisik”.

Detail Penggunaan RAM

Untuk mendapatkan detail lebih lanjut tentang penggunaan RAM oleh setiap proses yang berjalan, Anda dapat mengklik tombol “Open Resource Monitor” di bagian bawah jendela Task Manager. Di mana jendela Resource Monitor yang ditampilkan nantinya akan lebih terperinci.

Dengan demikian, Anda dapat melihat penggunaan memori tersebut oleh proses dan juga aplikasi yang sedang dijalankan lewat cara mengecek ram laptop ini. Lebih lanjut lagi, Anda dapat melihat informasi secara detail pada jendela ini mengenai jumlah RAM yang digunakan oleh masing-masing proses, tingkat penggunaan, dan lain sebagainya.

Gampang Dipraktekkan, Inilah Cara Mengecek Ram Laptop Windows 10 Melalui Dxdiag!

Memahami spesifikasi dan performa laptop Anda merupakan hal penting untuk menjaga kinerja yang optimal. Salah satu komponen utama yang mempengaruhi performa laptop adalah RAM (Random Access Memory). Di mana RAM sendiri berperan dalam menyimpan data yang digunakan secara sementara oleh sistem operasi dan aplikasi yang berjalan. 

Dxdiag adalah alat bawaan pada sistem operasi Windows yang dirancang untuk mendiagnosis dan memberikan informasi tentang perangkat keras dan perangkat lunak yang terpasang pada komputer. Dxdiag dapat memberikan informasi yang detail dan berguna tentang spesifikasi sistem termasuk RAM yang ada pada laptop, berikut caranya :

Buka Dxdiag

Cara mengecek ram laptop menggunakan alat dxdiag yang tersedia di sistem operasi Windows sendiri pada dasarnya sangat gampang dipraktekkan. Anda cukup membukanya dengan cara mengklik tombol Start di pojok kiri bawah layar terlebih dahulu lalu ketik “dxdiag” di kotak pencarian dan tekan Enter. Setelah itu, dxdiag akan mulai membuka jendela yang berisi informasi tentang sistem Anda.

Tunggu Proses Pengumpulan Informasi

Setelah Anda membuka Dxdiag, program ini akan melakukan pengumpulan informasi tentang sistem lalu tunggu beberapa saat hingga proses ini selesai. Jika sudah, langsung pindah ke tab “System” dan jika proses pengumpulan informasi selesai, Anda akan melihat beberapa tab di bagian atas jendela Dxdiag. 

Temukan Informasi Tentang RAM

Di tab “System”, nantinya Anda akan menemukan informasi tentang sistem operasi, prosesor, dan RAM. Informasi tentang RAM biasanya terletak di bagian bawah jendela, tepat di bawah judul “System Information”.  Di samping itu, Anda juga akan melihat jumlah total RAM yang terpasang pada laptop.

Detail Informasi Tentang RAM

Untuk mendapatkan detail lebih lanjut tentang RAM, klik tombol “Display” atau “Display 1” (tergantung pada versi Windows Anda) yang terletak di bagian atas jendela Dxdiag. Di sini, Anda akan menemukan informasi tentang kapasitas RAM, jenis RAM, kecepatan, dan slot yang terisi. Bagaimana, Cara mengecek ram laptop melalui Dxdiag ini sangat mudah diikuti bukan?

Demikian cara mengecek ram laptop secara sederhana di sistem operasi Windows 7 dan 10. Dengan melalui Task Manager dan DirectX Diagnostic Tool, Anda bisa memperoleh informasi tentang kapasitas RAM yang terpasang tentunya. Sehingga nantinya Anda dapat dengan mudah mengelola sumber daya sistem dan menjaga kinerja laptop supaya tetap prima.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"