Tips Bisnis Minyak Jelantah untuk Pebisnis Pemula

Jefri Sitopu

bisnis minyak jelantah

Blog bisnis online – Ada beberapa tips yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis minyak jelantah. Bisnis ini tidak banyak diambil oleh pebisnis, namun bukan berarti bisnis ini tidak menguntungkan. Simak penjelasan selengkapnya:

Memanfaatkan Limbah Minyak Jelantah

Kehadiran minyak jelantah di setiap rumah-rumah atau pemilik dagangan masih bisa mempunyai nilai. Namun hal ini tidak dipahami oleh banyak orang. Minyak jelantah ini bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga ataupun industri.

Untuk kebutuhan rumah tangga, limbah ini bisa digunakan untuk hal lain seperti pelumas pada engsel-engsel yang sudah tua. Limbah minyak jelantah juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda cat atau untuk pupuk kompos pada tanaman.

Di bidang industri, limbah ini bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan. Minyak jelantah memiliki nilai yang tinggi karena dibutuhkan untuk produk turunan. Produk tersebut berupa biodiesel yang berguna menggantikan minyak solar di industri.

Selain itu, ekspor minyak jelantah juga memiliki nilai tinggi. Maka banyak pebisnis yang memilih untuk menjualnya ke luar Negeri.

Tips untuk Menjalankan Bisnis Limbah Minyak Jelantah

Untuk bisa menjalankan bisnis ini, dibutuhkan tips dan kiat-kiat yang bisa dipraktikkan. Tips ini bisa dipakai pebisnis lama ataupun pebisnis pemula. Simak penjelasan berikut ini yang bisa diimplementasikan oleh pebisnis pemula.

1. Pastikan Ada Kebutuhan Minyak Jelantah

Buatlah riset dulu mengenai kebutuhan minyak jelantah sebelum memutuskan untuk memulai bisnis tersebut. Contohnya adalah adanya kebutuhan dari biodiesel dikarenakan langkanya BBM di masyarakat.

Selain melakukan riset di dalam Negeri, pebisnis juga perlu memiliki wawasan mengenai bisnis minyak jelantah di luar Negeri. Harga ekspor yang dimiliki oleh minyak jelantah cukup tinggi di luar Negeri, pebisnis bisa menyasar negara-negara eropa dan ga Asia.

2. Buatlah Jaringan Bisnis

Membuat koneksi dan jaringan bisnis minyak jelantah agar bisa menjadi tempat untuk bertukar info dan wawasan yang diperlukan. Terdapat organisasi atau himpunan yang berisi pengusaha-pengusaha muda di Indonesia.

Organisasi yang berisi pengusaha muda akan memberikan manfaat dalam membangun relasi dengan visi yang sama. Bergabung dalam organisasi ini juga akan memberikan peluang untuk bekerja sama satu sama lain.

3. Libatkan Lingkungan Sekitar

Membuat bisnis minyak jelantah sangat dianjurkan untuk mengajak serta masyarakat. Hal ini akan membuat bisnis ini berkelanjutan. Kehadiran masyarakat bisa menjadi pemasok dari minyak jelantah yang dibutuhkan.

Hubungan dengan masyarakat bisa menjadi simbiosis mutualisme. Pebisnis bisa mendapatkan minyak jelantah dan masyarakat yang membantu bisa mendapatkan penghasilan sampingan.

Pebisnis bisa memberikan edukasi terlebih dahulu kepada masyarakat mengenai limbah minyak jelantah. Kemudian masyarakat bisa diberdayakan dengan menjadi pengumpul limbah minyak jelantah.

Untuk menjalankan bisnis bersama masyarakat, bisa dibuat konsep profit sharing. Buatlah kesepakatan untuk memberikan upah sesuai dengan limbah minyak jelantah yang dikumpulkan.

4. Buatlah Inovasi

Untuk memajukan ekonomi kreatif di Indonesia, membuat sebuah inovasi adalah aspek yang dibutuhkan. Begitu juga dengan inovasi yang dibutuhkan pada bisnis minyak jelantah.

Inovasi yang dihasilkan bisa dilakukan pada cara menyetorkan minyak jelantah ataupun nilai-nilai yang diberikan di dalamnya. Pebisnis bisa membuat sistem bak sampah yang bisa dijangkau oleh masyarakat luas.

Inovasi yang diciptakan bersama masyarakat bisa melibatkan lingkungan RT dan RW untuk membuat bak penampungan minyak jelantah. Hal tersebut bisa sangat efektif untuk kelancaran pengumpulan minyak jelantah.

Demikianlah penjelasan mengenai tips bisnis minyak jelantah yang bisa dijalankan pebisnis pemula. Silahkan pahami betul tips-tips diatas agar kesuksesan berpihak pada pengguna.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"