Cara memasang SSD di Laptop dengan Mudah

jefriray

Cara mengecek ram laptop

Solid State Drive (SSD) merupakan salah satu komponen penting yang dapat meningkatkan kinerja laptop dengan memberikan kecepatan baca dan tulis data yang lebih tinggi dibandingkan dengan hard drive tradisional. Apabila kamu ingin menambah kecepatan dan responsivitas laptop, kamu bisa dengan cara memasang SSD di laptop.

SSD sendiri memiliki kelebihan dibandingkan dengan HDD. Seperti harganya yang lebih murah, ruang penyimpanan lebih cepat, lebih hemat energi, minim kerusakan, bahkan tidak ada bunyi yang ditimbulkan, dan sebagainya. SSD juga lebih miminalis dibandingkan dengan HDD sehingga menghemat ruang untuk instalasi komponen lain. 

Keunggulan SSD

SSD memiliki keunggulan sendiri dibandingkan dengan hard drive tradisional. Hal ini membuat banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan SSD dibanding dengan hard drive tradisional. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh SSD dibandingkan dengan hard drive tradisional

  • Tahan Terhadap Guncangan dan Getaran

SSD tidak memiliki bagian mekanis yang rentan terhadap guncangan atau getaran. Ini membuat SSD lebih tahan terhadap guncangan atau getaran. SSD memberikan perlindungan lebih baik terhadap kehiangan dan kerusakan. Meskipun begitu, cara memasang SSD di laptop ini pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. 

  • Ukuran yang Kecil

SSD umumnya lebih kecil dan ringan dibanding dengan hard drive tradisional. Dengan ukurannya yang lebih kecil, SSD memungkinkan desain laptop menjadi lebih tipis dan ringkas. Hal ini membuat kebanyakan anak muda lebih memilih laptop dengan SSD karena lebih mudah untuk di bawa ke mana – mana. 

  • Kecepatan Tinggi

Salah satu keunggulan utama SSD adalah kecepatan baca dan tulis data yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hard drive tradisional. Dengan SSD, waktu yang dibutuhkan untuk memuat aplikasi, booting sistem operasi, dan transfer data akan lebih singkat secara signifikan. 

  • Performa Stabil

SSD tidak memiliki bagian yang bergerak seperti hard drive konvensional yang menggunakan piringan dan kepala pembaca. Karena tidak ada komponen mekanis yang rentan terhadap getaran atau benturan. Meskipun begitu, cara memasang SSD di laptop harus tetap dilakukan dengan hati – hati. 

  • Efisiensi Energi yang Lebih Baik

SSD membutuhkan daya yang lebih rendah dibandingkan dengan hard drive tradisional. Ini berarti laptop kamu akan mengonsumsi data yang lebih sedikit saat menggunakan SSD. Upgrade ke SSD dapat memberikan manfaat yang signifikan dibanding dengan hard drive tradisional. 

  • Waktu Akses yang Cepat

SSD menggunakan teknologi flash memory yang memungkinkan untuk mengakses data dengan kecepatan yang sangat tinggi. Waktu akses yang cepat ini berarti kamu bisa membuka file, dokumen, atau aplikasi dengan lebih cepat. Tidak ada lagi jeda yang mengganggu saat kamu menunggu laptop merespons perintah. 

Cara Memasang SSD di Laptop

  • Langkah 1 : Menyiapkan Ruang Kerja

Untuk memasang SSD laptop, kamu perlu menyiapkan ruang kerja terlebih dahulu. Pastikan ruang kerja yang digunakan bersih dan nyaman serta aman dari gangguan. Pastikan ruang kerja bersih dari benda – benda yang bisa menimbulkan listrik statis karena aliran listrik statis ini bisa saja merusak SSD yang baru. 

  • Kumpulkan semua peralatan seperti laptop, obeng, SSD, dan panduan pengguna
  • Sebelum membongkar laptop, pastikan file – file penting sudah dicadangkan ke SSD eksternal atau untuk lebih aman bisa disimpan ke penyimpanan cloud
  • Baca setiap langkah dari buku panduan dengan saksama agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan pemasangan

Langkah 2 : Membuka Casing

Langkah kedua cara memasang SSD di laptop adalah membuka casing. Setelah semua data dibackup, lanjutkan ke proses membuka casing.

  • Matikan laptop setelah semua data tercadangkan
  • Setelah laptop mati kemudian buka casing belakang pada laptop terlebih dahulu. Cara melepasnya bisa dnegan mencopot baut pada laptop satu per satu menggunakan obeng.
  • Saat melepaskan casing laptop pastikan tidak ada kabel yang menempel untuk menghindari kabel yang terputus

Langkah 3 : Cari Tahu Letak HDD

Setelah casing terbuka, kamu bisa mencari letak HDD berada. Tidak semua laptop memiliki posisi HDD yang sama. Alangkah lebih baiknya mencari tahu di situs web produsen yang sesuai dengan laptop dan cari buku panduannya dan unduh buku panduan tersebut. Buku panduan ini akan memberikan petunjuk khusus tentang cara melepas harddisk laptop.

Langkah 4 : Memasang SSD

Setelah casing terbuka, kamu bisa mencari letak HDD berada. Tidak semua laptop memiliki posisi HDD yang sama. Alangkah lebih baiknya mencari tahu di situs web produsen yang sesuai dengan laptop dan cari buku panduannya dan unduh buku panduan tersebut. Buku panduan ini akan memberikan petunjuk khusus tentang cara melepas harddisk laptop.

Baca juga: atasi layar sentuh hp tidak berfungsi 

Setelah menemukan letak harddisk, kamu bisa lanjut dengan melepas harddisk lama. Lakukan pelepasan ini dengan hati – hati supaya tidak ada kabel yang terputus atau sebagainya. Setelah selesai melakukan pelepasan harddisk lama, kemudian pasang SSD ke laptop di tempat yang sama dengan hati – hati. Cara memasang di SSD laptop ini harus dilakukan dengan hati – hati.

Setelah semua proses di atas selesai, kemudian tutup kembali casing laptop dan nyalakan kembali laptopmu. Setelah pemasangan kamu bisa melakukan cloning harddisk laptop ke SSD yang sudah terpasang. Selain cloning, kamu juga bisa melakukan instalasi sistem operasi pada SSD.

SSD telah menjadi pilihan populer untuk meningkatkan kinerja laptop. Dibandingkan dengan hard drive tradisional, SSD menawarkan sejumlah keunggulan. Tak ayal jika banyak yang berpindah ke SSD dan melakukan pemasangan komponen ini sendiri. Namun, alangkah baiknya cara memasang di SSD laptop ini dilakukan sesuai dengan petunjuk yang ada. 

Terimakasih Sahabat jefriraymonsitopu.com, Semoga artikel ini ada manfaatnya buka kalian semua.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"