Layar Sentuh Tidak Berfungsi? Jangan Panik Dulu!

jefriray

Layar sentuh tidak berfungsi

Di era sekarang, hampir semua orang menggunakan handphone android atau iphone yang sudah berteknologi touchscreen atau layar sentuh. Bukan cuma karena lebih mudah dipakai, handphone layar sentuh juga memiliki tampilan yang lebih menarik. Akan tetapi, tak jarang teknologi ini mengalami kendala seperti layar sentuh tidak berfungsi. 

Layar hp seringkali terlupakan dari perawatan dan kurang kontrol. Padahal, bagi handphone zaman sekarang, ini adalah elemen yang sangat penting karena semua kegiatan di handphone dilakukan dengan menyentuh layar. Apabila layar handphone tidak bisa disentuh atau tidak berfungsi, maka kamu akan kesulitan untuk menggunakannya. 

Penyebab Layar Sentuh Tidak Berfungsi

Permasalahan layar sentuh ini bukan tanpa penyebab. Beberapa masalah umum yang terjadi pada handphone mungkin saja menjadi penyebab layar sentuh pada handphone tidak berfungsi. Inilah beberapa penyebab yang memungkinkan layar sentuh pada handphone tidak berfungsi:

  • Kotoran yang Menumpuk

Ini adalah penyebab umum yang sangat mendasar, yang bisa menyebabkan touchscreen hanya berfungsi sebagian. Layar merupakan bagian yang paling sering disentuh dan bisa saja terdapat kotoran dan debu yang menempel di permukaan layar. Debu dan kotoran tersebut bisa menghalangi responsivitas dari layar handphone. 

  • Pelindung Layar Salah Pasang

Bagi banyak orang, memasang pelindung layar adalah cara paling aman untuk melindungi layar handphone dari goresan. Akan tetapi, saat memasang pelindung layar ini harus diperhatikan dan jangan sampai salah. Pelindung yang tidak terpasang secara benar bisa mengganggu responsivitas dari layar tersebut. 

  • Gangguan Perangkat Lunak

Kadang  – kadang, masalah dalam perangkat lunak bisa saja membuat layar sentuh pada handphone tidak berfungsi. Seperti handphone hang dan perlu di restart atau karena sistem operasi pada handphone yang belum diperbarui ke versi yang terbaru. Pembaruan sistem operasi biasanya memperbaiki masalah yang terjadi pada handphone. 

Layar sentuh tidak berfungsi

  • Terkena Air

Gangguan ini bisa akibat terkena air merupakan masalah yang sering terjadi. Air yang ada pada layar handphone bisa menyebabkan layar tidak responsif atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Untuk masalah ini cukup keringkan layar handphone dengan lap atau handuk kering.

Cara Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi

Layar merupakan bagian paling penting bagi handphone sekarang yang mayoritas sudah menggunakan teknologi touchscreen. Semua kegiatan dilakukan dengan menyentuh layar mulai dari membuka pesan, mengirimkan pesan, mengabadikan momen, dan sebagainya. Akan tetapi, tak jarang layar sentuh mengalami kendala seperti tidak berfungsi atau yang lainnya. 

Baca juga: cara cek VGA laptop 

Layar sentuh yang tidak berfungsi bisa diakibatkan oleh berbagai sebab. Hal ini tentu sangat mengganggu produktivitas karena untuk mengoperasikan handphone tersebut tentunya adalah dengan menyentuh pada bagian layarnya saja, bukan yang lain. Untuk itu, perlu beberapa cara untuk memperbaiki masalah layar sentuh yang tidak berfungsi.

  • Bersihkan Layar dengan Lembut

Masalah bisa saja karena debu dan kotoran yang menumpuk. Kotoran, debu, dan noda yang menempel pada layar bisa mengganggu responsivitas dari layar. Gunakan kain mikro fiber yang bersih dan lembut untuk membersihkan layar. Hindari penggunaan bahan kimia karena bisa merusak layar.

  • Restart Perangkat

Kadang  – kadang, masalah layar sentuh bisa diselesaikan hanya dengan melakukan restart pada perangkat. Matikan perangkat sepenuhnya, tunggu beberapa detik, lalu nyalakan kembali. Hal ini dapat memperbaiki masalah perangkat lunak sementara dan mengaktifkan kembali fungsi layar sentuh. 

  • Periksa Pengaturan Layar Sentuh

Pada beberapa perangkat, ada opsi pengaturan yang memungkinkan kamu untuk mengatur sensitivitas dan responsivitas dari layar sentuh. Periksa pengaturan perangkatmu untuk memastikan pengaturan tersebut tidak diubah atau diatur dengan benar. Sesuaikan pengaturan layar sentuh jika diperlukan.

  • Hapus Cache dan Data Aplikasi Terkait

Jika hanya sedang menggunakan aplikasi tertentu, cobalah untuk menghapus cache dan data aplikasi tersebut. Pergi ke Pengaturan > Aplikasi pada perangkatmu, cari aplikasi yang bermasalah, lalu pilih “Hapus Cache” dan “Hapus Data”. Setelah itu coba jalankan kembali aplikasi dan periksa apakah layar sentuh sudah normal.

Layar sentuh hp

  • Kalibrasi Layar Sentuh

Fungsi layar sentuh mungkin menurun hingga membuatnya tidak berfungsi. Kamu bisa melakukan kalibrasi layar sentuh sebagian. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ada di Play Store. Setelah mengunduh aplikasi, tinggal mengikuti langkah yang ada. 

  • Perbarui Perangkat Lunak ke Versi Terbaru

Periksa apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia untuk perangkatmu. Pembaruan perangkat lunak seringkali mencakup perbaikan bug dan masalah yang dapat memengaruhi fungsi layar sentuh. Perbarui perangkatmu ke versi terbaru dan lihat apakah memperbaiki masalah layar sentuh yang tidak berfungsi. 

  • Aktifkan Safe Mode

Dalam beberapa kasus juga karena aplikasi yang baru saja diunduh yang mungkin saja berbahaya seperti mengandung virus atau lainnya. Aktifkan safe mode atau mode aman agar kamu bisa menjalankan handphone tanpa aplikasi yang berbahaya. 

  • Bawa ke Layanan Teknis yang Kompeten

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, ada kemungkinan ada masalah hardware yang lebih serius. Dalam hal ini, sebaiknya kamu menghubungi pusat layanan teknis yang kompeten atau menghubungi produsen perangkatmu. Ahli teknis bisa melakukan pemeriksaan mendalam dan memperbaiki masalah yang mungkin ada pada layar sentuh. 

Layar tidak berfungsi bisa sangat mengganggu, tetapi dengan langkah sederhana, masalah ini bisa diatasi. Mulai dari membersihkan layar, memeriksa kalibrasi perangkat lunak, dan sebagainya. Jika masalah masih tetap ada, maka kemungkinan mengalami kendala pada fisik dan harus ditangani oleh profesional. 

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"