Beranda » Artikel » Manfaat Blog Untuk Bisnis Bisa Menghemat Biaya Marketing Loh!

Manfaat Blog Untuk Bisnis Bisa Menghemat Biaya Marketing Loh!

T Diposting oleh pada 20 October 2017
F Kategori , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 366 kali

Manfaat blog untuk bisnis cukup banyak bahkan bisa dikatakan sangat bermanfaat dan ampuh menggundang konsumen loyal serta calon konsumen. Apalagi bagi Anda yang memiliki dana terbatas untuk memasarkan bisnis. Selain mudah untuk digunakan, Anda juga bisa mendapatkannya secara gratis.

Sebenarnya blogging pada awalnya hanya digunakan oleh individual yang ingin berbagi informasi kepada semua orang. Namun seiring berkembangnya teknologi dan memasuki era generasi Milenial dan generasi Z, blog kini bisa dimanfaatkan sebagai alat berbisnis.

Berikut ini beberapa manfaat blog untuk bisnis yang penting untuk Anda ketahui:

Meningkatkan Trafik Organik

manfaat blog untuk bisnis

Blog memang bisa membantu meningkatkan trafik website Anda. Setiap artikel blog yang Anda posting akan menambah index halaman dalam website Anda. Hasilnya? Peluang untuk muncul di halaman pencarian Google pun akan lebih besar. Semakin sering dan semakin banyak artikel blog yang Anda posting di website maka semakin besar juga peluang agar “terbaca” di halaman pencarian Google.

Namun tidak semua artikel blog bisa berhasil masuk ke halaman pencarian Google apalagi di halaman pertama. Mengingat tidak hanya Anda yang membuat blog, dan ada ribuan bahkan jutaan orang atau pebisnis yang memanfaatkan blog sebagai alat bisnisnya.

Lalu bagaimana agar blog Anda bisa dengan mudah “terbaca” oleh halaman pencarian Google dan masuk di halaman pertama Google? Caranya dengan memilih dan menyisipkan keyword yang tepat di dalam artikel blog Anda.

Hasil mengembangkan bisnis melalui blog ini memang tidak instan. Anda bahkan membutuhkan waktu 3-6 bulan baru artikel blog yang dibuat muncul di halaman pertama Google. Namun semua itu tergantung dari penggunaan keyword yang Anda pilih.

Semakin banyak pesaing yang menggunakan keyword maka membutuhkan waktu cukup lama agar bisa masuk ke halaman pertama Google. Namun jika keyword yang dipilih sedikit pesaingnya, Anda bisa dengan mudah masuk ke halaman pertama Google.

Menyediakan Konten Untuk Dibagikan Ke Social Media

sosial media manfaat blog untuk bisnis

Anda mungkin sudah mengetahui seberapa besar manfaat sosial media untuk mempromosikan bisnis Anda. Dengan menyediakan konten blog yang menarik, ramah SEO, ditambah lagi mudah untuk “disharing” ke sosial media oleh pembacanya maka akan menambah nilai plus.

Memberikan kemudahan bagi pembaca untuk membagikan artikel blog yang Anda buat artinya membuka peluang blog Anda tersebar lebih luas. Artinya lagi kemungkinkan untuk mendapatkan pembaca baru pun lebih luas. Untuk itu pastikan konten blog yang Anda buat menarik dan juga bermanfaat.

Sebagai Konten Menarik Untuk Bahan Email Marketing

Artikel blog tidak hanya sebagai penarik trafik dalam website Anda, tetapi juga menarik konsumen serta calon konsumen melalui email marketing. Anda bisa menggunakan artikel blog sebagai salah satu konten dalam email marketing. Selain menghemat waktu, juga membantu memberikan inspirasi tema apa yang harus dibahas dalam kiriman email marketing.

Membantu Mengconvert Trafik Menjadi Konsumen

manfaat blog untuk bisnis

Artikel blog tidak hanya mampu menarik trafik atau pengunjung ke website Anda, tetapi juga menariknya menjadi konsumen. Semua itu tentu tergantung dari isi artikel yang Anda buat. Artikel blog bisa diibaratkan seorang sales yang menjual barangnya namun dalam hal ini melalui tulisan.

Untuk itu pastikan tulisan Anda mampu menarik pembaca untuk membeli barang atau jasa Anda. Ada beberapa tipe tulisan blog yang bisa Anda pilih, soft selling atau hard selling. Dalam artikel blog soft selling, awal tulisan biasanya berisikan informasi mengenai sesuatu hal dan artikel ditutup dengan menjual barang. Sedangkan hard selling, mulai dari awal sampai akhir tulisan berisikan promosi serta ajakan pembaca untuk membeli barang atau menggunakan jasa Anda.

Membantu Meningkatkan Citra Anda

Ketika Anda banyak menuliskan seputar info yang berhubungan dengan bisnis Anda. Maka artinya orang akan melihat Anda sebagai seorang yang ahli. Hal ini tentunya akan membantu meningkatkan citra Anda dan juga meningkatkan kepercayaan orang kepada brand Anda.

Menanamkan Benih Di Halaman Pencarian

Membuat artikel blog sama saja dengan Anda menanamkan benih di halaman pencarian, tidak hanya Google tetapi juga Yahoo, Bing, dan lainnya. Artkel yang Anda buat tidak akan hilang dan akan tersimpan selamanya di halaman pencarian internet. Artinya orang bisa melihat dan membaca artikel blog Anda kapan saja dalam waktu dekat ataupun mungkin puluhan tahun yang akan datang.

Tunjukkan Sisi Unik dari Bisnis Anda

Keunikan dari suatu bisnis akan membantunya agar mudah diingat orang. Melalui blog ini Anda bisa menunjukkan keunikan bisnis, sekaligus kepribadian Anda.  Ketika pembaca mulai “mengenal” pemilik bisnis ini tentu akan timbul kedekatan dan keakraban sehingga hubungan akan semakin lancar.

Kedekatan Anda dengan pembaca bisa membantu Anda untuk menawarkan barang lebih nyaman. Selain itu pembaca pun akan lebih percaya dengan orang yang sudah dikenalnya bukan?

Hemat Biaya

Anda bisa membuat blog dengan harga yang bersahabat, bahkan ada beberapa blog yang gratis. Bisa dikatakan jika blogging menjadi Online Public Relation bisnis Anda.

Semakin Banyak Artikel, Semakin Banyak yang Bisa Direvisi

Persyaratan SEO bisa berubah setiap waktunya dan Anda harus bisa mengikutinya untuk menjaga halaman blog berada di halaman terbaik pencarian Google. Namun Anda tidak perlu menghapus artikel lama. Anda cukup merevisinya dan menggantinya sesuai dengan persyaratan SEO yang sedang berlaku.

Menjadi Area Beriklan Gratis

Anda bisa mengiklankan bisnis Anda di blog dan tentu saja gratis! Misalnya bisnis Anda bergerak dalam bidang fashion. Maka Anda bisa membuat satu artikel blog bertemakan tentang tips pemilihan pakaian kerja yang casual. Lalu Anda bisa memasukkan foto produk yang ada dalam website Anda ke dalam artikel blog tersebut. Jangan lupa untuk memasukkan link website Anda.

Artikel blog ini tidak hanya memberikan informasi tetapi juga inspirasi sekaligus menggiring pembaca untuk masuk ke halaman website Anda. Artikel blog ini juga menjadi pengganti sales Anda dalam menawarkan produk jualan Anda.

Manfaat Blog Untuk Bisnis sangatlah banyak dan bisa menghemat banyak anggaran aktivitas marketing bisnis Anda. Untuk itu sangat disayangkan jika Anda tidak memanfatkan blog sebagai salah satu alat marketing modern Anda saat ini.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Belum ada Komentar untuk Manfaat Blog Untuk Bisnis Bisa Menghemat Biaya Marketing Loh!

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Manfaat Blog Untuk Bisnis Bisa Menghemat Biaya Marketing Loh!

belajar seo, jasa seo, seo ilmu marketing

Tips dan Trik Belajar SEO dengan Mudah dan Efektif

T 16 August 2014 F , A jeffsitopu

Bagi mereka yang sudah akrab dengan dunia blog, pasti sudah tahu dengan namanya SEO. Strategi SEO sering digunakan untuk mengoptimalkan kinerja blog pada mesin pencari. Dengan menggunakan trik dan teknik SEO, artikel ataupun blog akan menjadi favorit bagi para peselancar dunia... Selengkapnya

Memilih Domain dan Hosting Terbaik Memperngaruhi Sebuah Website

T 12 February 2018 F , A jeffsitopu

Anda ingin membuat sebuah website untuk sebuah bisnis perusahaan atau perseorangan? Saat ini memang sudah banyak perusahaan atau bisnis perseorangan yang memanfaatkan sebuah website untuk mengiklankan suatu barang atau jasa. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan oleh pebisnis dari sebuah website.... Selengkapnya

bisnis sukses, belajar bisnis online,

Cara Bisnis Online Yang Mudah

T 1 September 2014 F , , A jeffsitopu

Mendapatkan gaji kedua selain dari profesi asli kita tentu merupakan keinginan hampir semua orang dan di jaman kemajuan teknologi seperti sekarang ini Anda bisa memanfaatkan internet sebagai sarana mendapatkan penghasilan tambahan. Kelebihan menjalankan bisnis ini adalah waktu yang fleksibel sehingga... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Twets