Tips Memulai Belajar Youtuber dari Nol

Tips Memulai Belajar Youtuber dari Nol

Saat ini Youtube telah menjadi salah satu bisnis besar sehingga banyak yang ingin belajar Youtuber dari nol. Peluang sukses menjadi seorang Youtuber memang terbilang besar dengan besarnya jumlah audiens di Indonesia. Anda bahkan bisa mengawalinya dari nol tanpa modal apapun.

Tips Sukses Belajar Youtube dari Nol Hingga Berpenghasilan

Apa yang Harus Diperhatikan Ketika Membangun Sebuah Kanal

Gaji Youtuber pemula memang cukup menggiurkan sehingga banyak orang ingin mencoba berkarir di dunia ini. Namun tanpa pengetahuan mengenai struktur pembangunan sebuah kanal Anda tidak akan mampu bertahan dari persaingan. Dibutuhkan perencanaan matang agar Anda dapat merasakan pundi-pundi rupiah.

  • Utamakan Kuantitas

Saat ini kualitas dari sebuah video bukanlah hal utama yang perlu Anda perhatikan untuk mendapat sorotan algoritma. Justru semakin banyak dan sering mengupload video Anda akan semakin tenar dengan cepat. Jadi Anda harus benar-benar meluangkan waktu untuk membuat konten tersebut.

Anda tidak harus memiliki RIG seharga jutaan rupiah sebagai cara menjadi Youtuber gaming. Anda bisa saja bermodal ponsel dengan kamera seadanya dengan membuat konten ala kadarnya. Algoritma Youtube tidak pernah memperdulikan kualitas konten buatan anda.

Kualitas konten hanya memiliki fungsi untuk memikat audiens jadi Anda memiliki penonton setia. Jadi Anda dapat memulai meningkatkan kualitas video pada saat Anda memiliki banyak subscriber dan uang hasil adsense Anda sudah dapat dicairkan menjadi modal lagi.

  • Like dan Dislike Tidak Penting

Rasio orang yang menyukai dan membenci video Anda tidak berpengaruh pada adsense yang Anda dapatkan. Justru semakin kontroversial sebuah video orang akan penasaran dan mengundang volume pemirsa baru. Anda dapat memanfaatkan hal ini dan harus mengingatnya untuk belajar Youtuber dari nol.

Sudah banyak contoh kanal luar negeri dengan konten tidak relevan yang memiliki banyak pengikut dan penonton. Bayangkan saja berapa jumlah uang yang didapatkan dari jutaan pemirsa tersebut. Justru membuat konten kontroversial dapat mempercepat popularitas Anda di Indonesia.

Sebagai orang yang masih tidak tahu cara menjadi Youtuber pemula Anda tidak boleh terlalu ambisius pada kualitas video. Algoritma Youtube justru semakin mengapresiasi pembuat konten yang konsisten dan selalu mengupload video setiap hari.

Jadi Anda harus menyelaraskan konsep awal pembuatan video Anda dengan jadwal pengunggahan video. Semakin sering dan banyak Anda mengupload video maka potensi untuk berkembangnya kanal akan semakin cepat. Jangan urusi like and dislike karena dua hal tersebut tidak berpengaruh sedikitpun.

  • Adsense Adalah Tujuan Utama Anda

Dalam pembuatan kanal Youtube adsense adalah tujuan utama sebagai bentuk apresiasi dari pihak platform. Anda tidak perlu terlalu fokus pada kualitas konten selama adsense masih berjalan. Karena Anda belajar Youtuber dari nol maka kedepannya adsense dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas video.

Jika Anda melihat konten Youtuber Indonesia dengan jumlah subscriber di bawah 1000 dapat dilihat bahwa mereka kurang sering mengupload konten. Padahal adsense baru akan terpicu apabila Anda adalah seorang kreator yang sering mengunggah video.

Bahkan salah satu syarat jadi Youtuber adalah mampu memproduksi konten setiap hari. Strategi seperti ini dapat Anda jadikan batu loncatan untuk membangun kanal baru dengan kualitas video lebih baik. Jadi penggemar setia dapat melihat karya Anda sebenarnya.

  • Miliki Dua Kanal Sekaligus

Untuk dapat menjadi seorang Youtuber sukses Anda wajib memiliki dua kanal sekaligus. Hal ini karena Anda akan memposting konten berkualitas pada kanal utama, dan kanal kedua digunakan untuk memeras adsense. Seorang Youtuber dengan modal dengkul wajib melakukan hal ini.

Hal tersebut adalah cara membuat channel Youtube kedua menjadi ladang adsense utama. Kemudian kanal utama Anda baru digunakan sebagai tempat konten berkualitas yang bisa Anda posting lebih jarang. Nantinya dalam jangka panjang popularitas kanal utama dapat mengalahkan kanal sekunder.

Apabila Anda belajar Youtuber dari nol maka strategi ini terbukti ampuh bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan modal banyak. Bangun popularitas dari bantuan algoritma Youtube. Kemudian gunakan popularitas tersebut untuk membangun kanal sebenarnya.

  • Jangan Spamming Pada Platform Lain

Mungkin beberapa tahun lalu cara seperti ini efektif untuk meningkatkan popularitas kanal anda. Namun saat ini jangan coba-coba meningkatkan jumlah pemirsa dengan spamming pada platform lainnya. Algoritma Youtube semakin cerdas untuk mendeteksi hal ini.

Jika Anda belajar Youtuber dari nol hindarilah melakukan spamming menggunakan platform lain karena kanal Anda dapat ditandai oleh algoritma Youtube sebagai kanal spam. Apabila kanal Anda sudah ditandai maka akan sangat sulit orang untuk menemukan kanal yang Anda buat.

Lebih baik mengandalkan algoritma dari Youtube sendiri terutama jika jumlah subscriber Anda masih dibawah 1000. Lebih sering posting konten agar kanal Anda mendapatkan perhatian dari algoritma Youtube. Ini lebih aman dibandingkan spamming ke platform lain.

Setelah Anda mengetahui lima tips tersebut pastinya dalam membuat sebuah konten akan lebih selektif lagi. Untuk mengawali karir di dunia Youtube Anda tidak perlu langsung menggenjot budget produksi untuk kualitas video. Tingkatkan saja dulu kuantitas video dan bermain dengan algoritma.

sukses-belajar-youtuber-dari-nol

 

Perhatikan Adsense Jika Belajar Youtuber dari Nol

Ketika Anda belajar Youtuber dari nol maka adsense adalah salah satu hal yang wajib Anda perhatikan. Pastikan perencanaan konten dapat membuat adsense Anda mengalir tanpa terkena dollar kuning. Buat konten yang family friendly agar Youtube lebih mudah mendorong popularitas akun anda.

Tidak diperlukan strategi spesifik agar sebuah akun Youtube memiliki banyak pemirsa. Begitu juga dengan strategi adsenses yang sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dipelajari. Tahun 2021 ini belajar Youtuber dari nol lebih simpel karena Anda hanya perlu mengunggah konten secara teratur dan sering.

Jangan terlalu memperdulikan kualitas terlebih dahulu karena justru konten dengan kualitas medioker sangat jarang mendapatkan spotlight dari platform ini. Jika Anda ingin membuat konten tanpa modal buat saja seburuk mungkin asalkan konsistensi pengunggahannya tetap dapat dijaga.

Inilah mengapa cara menjadi Youtuber pemula modal HP sangat mudah. Cukup nyalakan kamera Anda dan upload apapun yang sedang Anda rekam. Lakukan ini setiap hari maka tidak perlu waktu lama bagi algoritma Youtube untuk menaikkan sendiri popularitas dari kanal yang Anda buat.

Konten Youtube untuk pemula juga tidak perlu terlihat terlalu profesional. Justru jika Anda mengawali dengan kualitas prima algoritma Youtube tidak akan mengenali dan membuat kanal Anda menjadi terkenal. Semakin mundane namun relate sebuah konten maka jumlah pemirsa akan semakin banyak pula.

Buat konten ringan yang tidak membutuhkan pemikiran terlalu serius untuk mencernanya. Kecuali jika Anda ingin membuat sebuah kanal edukasi. Namun popularitas kanal edukasi jauh berada dibawah kanal entertainment dan tidak menghasilkan pundi-pundi adsense yang menguntungkan agar lebih semangat belajar Youtuber dari nol.

Jadi mana yang Anda pilih, membuat konten berkualitas dan memakan waktu sehingga jadwal upload tidak bisa setiap hari. Atau membuat konten ringan bermodal kamera HP dengan jadwal upload setiap hari. Semuanya ada di tangan Anda karena belajar Youtuber dari nol tidak sesulit yang dibayangkan.

BELAJAR KELAS YOUTUBE PEMULA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.