Undangan Pernikahan Online, Solusi Pesta Ramah Lingkungan

Jefri Sitopu

Undangan Pernikahan Online

Undangan pernikahan online merupakan salah satu inovasi digitalisasi akibat kemajuan teknologi. Pelan tapi pasti, undangan digital akan menggeser penggunaan undangan kertas.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Trend undangan online menawarkan banyak kemudahan, sehingga masyarakat mulai beralih meliriknya. Faktanya, tak perlu ada kendala jarak dan waktu untuk menyampaikannya kepada si penerima.

Kelebihan Undangan Pernikahan Online

Pernikahan merupakan momen bersejarah bagi setiap orang. Wajar apabila pasangan dan pihak kedua keluarga pasangan ingin merayakannya dengan teman atau kerabat. Salah satunya dengan cara menyebar undangan.

Tak tanggung-tanggung, undangan yang disebar hingga keluar kota. Tentu ribet apabila harus mengantar undangan sampai tujuan.

Menilik hal tersebut, kini masyarakat telah beralih menggunakan undangan digital. Berikut merupakan kelebihan undangan pernikahan online ketimbang undangan cetak sebagai media untuk mengabarkan momen bahagia pernikahan yang sebaiknya Anda ketahui.

Praktis dan Lebih Hemat Waktu Pengiriman

Kesibukan seseorang menjadi kendala utama pada saat harus menyebarkan undangan pernikahan. Terlebih kesibukan tersebut tidak bisa ditinggal.

Ketika Anda memutuskan menggunakan wedding invitation, maka tak perlu repot keluar rumah untuk menyampaikannya ke penerima. Cukup mengandalkan media sosial, seperti Facebook dan Instagram atau aplikasi perpesanan online seperti email atau WhatsApp.

Jadi, Anda masih bisa bekerja sehingga ketika hari H tidak kepikiran dengan pekerjaan yang menumpuk. Anda pun bisa menghemat tenaga.

Lebih Hemat Pengeluaran

Membuat undangan digital juga lebih hemat budget ketimbang undangan konvensional. Semakin banyak tamu, maka undangan yang harus dicetak semakin banyak.

Umumnya, pihak pencetak undangan memberlakukan minimal order. Hal ini tentu merugikan ketika kita memesan undangan tambahan yang tidak memenuhi standar minimal order tersebut. Belum lagi desain undangan cetak juga menjadi penentu biaya cetak undangan.

Namun, tidak seribet ini jika Anda menggunakan undangan pernikahan digital. Pembuatan undangan cukup sekali sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya signifikan demi membuat undangan. Hasil undangan berupa link yang siap Anda kirim ke penerima alias tamu pesta.

Selain hemat ongkos cetak, undangan pernikahan online juga hemat budget. Ini karena tidak perlu membayar ongkos pengiriman undangan.

Dengan demikian, Anda bisa mengalokasikan budget untuk keperluan penunjang pernikahan yang lain. Tak perlu keluar uang banyak karena memungkinkan Anda mengirim undangan tanpa batas. Cukup bagikan alamat link undangan ke semua tamu pernikahan Anda.

Modern dan Lebih Berkelas

Menggunakan teknologi berbasis digital, memungkinkan pembuatan undangan mengikuti trend sesuai zaman. Undangan terkesan lebih modern karena pembuatannya menggunakan format digital.

Anda juga bisa menambahkan beberapa animasi pada format tersebut lengkap dengan audio, sehingga tampilan undangan lebih ekspresif dan menarik. Percayakan saja pengerjaan undangan pada jasa pembuatan website & video undangan online terpercaya dan handal. Mereka pasti memiliki ide dan kreativitas sehingga hasil undangan selesai dengan penampilan dan fitur unik.

Visualisasi Lebih Keren

Undangan-Pernikahan-Online

Menggunakan undangan pernikahan online bukan berarti Anda tidak bisa mengajukan request desain dan tampilan. Undangan kertas hanya mampu menampilkan meminta tulisan dan desain seperti pada contoh sehingga tidak memungkinkan untuk meminta tampilan lebih.

Namun tidak demikian jika memilih undangan digital. Karena berbasis digital, semua unsur-unsurnya mulai dari tulisan hingga visualisasinya pasti lebih keren dan memiliki banyak stok.

Anda bisa memasukkan foto-foto prewedding hingga video teaser pernikahan. Bahkan bisa menambahkan efek audio sehingga undangan terkesan lebih hidup dan hangat.

Proses Pembuatan dan Pengeditan Lebih Mudah

Tidak setiap orang memiliki kelonggaran waktu untuk mempersiapkan resepsi pernikahan, dalam artian mungkin ada pihak yang menghendaki acara pernikahan terlaksana secepat mungkin.

Bila saat ini Anda merasa demikian, segera beralihlah memesan undangan pernikahan online. Keunggulan menggunakan undangan digital berikutnya adalah proses pembuatannya lebih cepat karena tidak perlu melewati tahap percetakan.

Pembuatan undangan juga lebih mudah karena bisa memanfaatkan desain website undangan yang tersedia secara online. Pihak jasa pembuat undangan digital juga memiliki stok template yang cukup banyak sehingga Anda bisa memilih sesuai keinginan.

Revisi Data atau Tampilan yang Salah Juga Mudah

Kekurangan ketika menggunakan undangan konvensional adalah ketika terjadi kesalahan maka harus merevisi total. Ini membutuhkan waktu yang tidak instan.

Berbeda dengan undangan pernikahan online. Semisal terjadi kesalahan seperti salah ketik penulisan tanggal pelaksanaan resepsi, typo, salah warna, salah font, hingga revisi total pun bukanlah hal yang fatal karena bisa teratasi dengan baik. Anda bisa meminta perbaikan kapan saja dan di mana saja tanpa mengeluarkan budget lagi.

Bisa Disimpan

Pengerjaan undangan berbasis digital memungkinkan untuk menyimpannya di laptop atau perangkat lain. Ingatlah jika menikah merupakan momen berharga sehingga wajar apabila ingin memiliki kenang-kenangan mulai dari hal terkecil, seperti undangan. Simpan baik-baik file undangan sehingga Anda masih bisa melihatnya suatu saat nanti.

Ramah Lingkungan

Kertas sebagai media undangan pun berasal dari pengolahan serat kayu. Demi memenuhi kebutuhan akan kertas banyak pohon yang harus ditebang.

Pernahkah Anda berpikir ke depan, apa yang akan terjadi dengan penebangan pohon tersebut. Terlebih mengingat industri kertas bukan satu-satunya industri yang mengharuskan menebang pohon demi mendapatkan bahan baku.

Menyebar undangan kertas akan berpotensi menjadi sampah. Tidak mungkin bukan si penerima akan menyimpannya. Hal yang sering terjadi adalah begitu membacanya, undangan hanya dibiarkan tergeletak begitu saja. Bahkan ketika sudah menghadiri acara resepsi, mayoritas orang akan membuangnya.

Dengan memilih menggunakan undangan pernikahan online  berarti kita telah berkontribusi menyelamatkan pohon-pohon karena mengurangi penebangan. Anda telah mensukseskan program pemerintah dalam upaya pengendalian dan pelestarian lingkungan.

Proses pembuatan undangan online hanya butuh perangkat handal dan kuota internet. Hampir semua peralatan yang digunakan tidak berpotensi menjadi sampah.

 

Cara Membuat Undangan Digital

Undangan Pernikahan Online

Setelah tahu keunggulan yang ditawarkan undangan digital, apakah mulai timbul ketertarikan dalam diri Anda untuk meggunakannya? Lebih menawarkan kebebasan dalam pemilihan tema dan desain, tentu tak perlu berpikir berulang kali untuk menggunakannya.

Meski tidak memiliki basic desain grafis atau seni, setiap pengguna perangkat bisa membuat undangan digital dengan tampilan menarik. Silakan mengikuti langkah-langkah membuat undangan pernikahan online berikut ini.

Melalui Android

Cara membuat undangan digital melalui ponsel pintar layak untuk dicoba. Pastikan saja spesifikasi ponsel support menerapkan langkah-langkah berikut.

  • Terlebih dahulu silakan instal aplikasi Invitation Card Maker di Google Play.
  • Bila sudah berhasil terinstal, lanjutkan dengan membukanya kemudian pilih opsi Start.
  • Nantinya akan tampil tipe-tipe undangan, silakan memilih undangan yang hendak dibuat.
  • Pilih template yang menarik kemudian silakan melengkapi detail undangan dengan mengisi form yang tersedia.
  • Memasuki tahap pengeditan, silakan edit size tulisan, warna font, hingga memasukkan emoji-emoji keren ke dalam undangan. Anda juga bisa memilih stiker, menambahkan audio, background, hingga elemen lain yang dibutuhkan.
  • Cek lagi apakah desain dan tampilan undangan sudah sesuai harapan Anda.

Apabila sudah mantap, silakan menyelesaikan undangan online, baik untuk keperluan pernikahan atau momen bahagia lain dengan  mendownloadnya. Cukup klik ikon download yang ada pada sudut kanan atas.

Membuat Undangan Digital di Laptop

Jika di ponsel mengandalkan aplikasi Invitation Card Maker, maka pada laptop Anda bisa mengandalkan situs canva.com. Kunjungi situs lewat Browser.

  • Selanjutnya, silakan mendaftar untuk memudahkan Anda memakai semua fitur yang tersedia di Canva.
  • Lanjutkan dengan klik opsi Create a desaign.
  • Setelah terbuka jendela baru, lanjutkan dengan tap opsi Invitation.
  • Setelah itu, pilih template kemudian lanjutkan dengan masuk ke tahap pengeditan. Pilih menu Editing untuk menambahkan berbagai elemen sesuai kebutuhan. Tekan ikon menu editing di pojok kiri bawah.
  • Selanjutnya, telitilah kembali apakah desain dan tampilan undangan telah sesuai yang Anda harapkan.
  • Bila sudah, download undangan tersebut. Pilih format untuk menyimpannya, bisa JPG, PDF, atau format lain.

Membuat Undangan di MS Word

Pada dasarnya, cara membuat undangan digital video dengan Microsoft Word tak berbeda jauh dengan cara sebelumnya. Tekniknya memang hampir serupa, yakni dengan memilih template desain yang telah tersedia.

  • Buka MS Word di perangkat, kemudian klik opsi File, lalu klik New.
  • Pilih opsi Create, lalu tap template undangan. Lakukan pengeditan dengan baik sehingga visualisasi undangan pernikahan online lebih hidup.
  • Bila ingin tampilannya makin keren dan ciamik, tambahkan gambar PNG. Anda juga bisa menggunakan clipart.
  • Bila tahap mengedit selesai, silakan menyimpannya. Kirim dalam bentuk file ketika hendak mencetaknya.

Cara membuat undangan pernikahan online gratis memang pilihan cerdas. Namun, jika menghendaki visualisasi lebih kreatif, gunakan versi premiumnya.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"