Beranda » Artikel » Panduan Email Marketing Lengkap

Panduan Email Marketing Lengkap

T Diposting oleh pada 30 March 2018
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 140 kali

Mengetahui ilmu tentang panduan email marketing secara lengkap dan menyeluruh memang penting, guna menyukseskan promosi bisnis Anda. Seperti yang telah diketahui bahwa email marketing merupakan salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis Anda dengan cara membangun koneksi dengan calon pelanggan. Karena sifatnya yang personal untuk berkomunikasi, maka cara ini dianggap menjadi lebih potensial mendatangkan pelanggan setia.

Panduan Email Marketing Lengkap Tahap per Tahap

panduan-email-marketing

1. Meminta izin kepada calon pelanggan

Tahap awal dalam email marketing adalah persetujuan, dimana Anda selaku pebisnis atau online marketer wajib meminta izin kepada calon pelanggan yang hendak Anda kirimi informasi melalui email.

Izin yang tertera pun harus jelas beserta dengan inti pesan atau topik yang Anda ingin sampaikan. Jika langkah ini Anda abaikan, maka email Anda termasuk spam atau sampah. Sebaliknya manfaat meminta izin ini, maka target market email marketing Anda akan terarah atau potensial menjadi pelanggan.

2. Membangun Email List

Melakukan penawaran yang menarik merupakan salah satu cara paling jitu dalam membangun email list. Penawaran menarik tentu akan membuat orang-orang akan tertarik dengan promosi bisnis Anda. Di dalam ilmu email marketing, ada sebuah metode bernama Lead Magnet.

Lead Magnet ini merupakan istilah untuk menyebutkan sesuatu yang gratis untuk Anda berikan kepada calon pelanggan, selanjutnya Anda menginginkan mereka memberikan alamat email sebagai imbalannya. Adapun contoh Lead Magnet ini adalah berupa ebook, free trial, coupon, atau webinar.

3. Personalisasi email marketing

Pada tahap personalisasi email marketing sebagai bagian dari panduan email marketing, Anda perlu mengetahui email list segmentation. Email list segmentation merupakan sebuah proses di mana Anda memecah pelanggan (disebut dengan subscriber) menjadi grup-grup yang lebih kecil.

Pemecahan grup ini dipilih berdasarkan dengan kriteria yang lebih spesifik, seperti new subscriber, preferences, interests dan location. Cara ini memiliki tujuan agar email yang Anda kirimkan lebih tertarget hanya kepada target yang paling spesifik saja. Selanjutnya jangan lupa untuk menghapus inactive subscriber dari email list.

4. Membuat tulisan email marketing yang bersifat paling personal

Email marketing dianggap sebagai media promosi yang paling personal. Oleh sebab itu, buatlah isi email yang benar-benar terasa personalnya. Sebaliknya, jika ingin sukses menjadi seorang email marketer, maka hindari mengirim tulisan yang terlalu umum, seperti misalnya tulisan dari email campaign dari suatu perusahaan yang dikirim kepada ribuan orang. Tips jitu cara menulis isi email marketing yang personal adalah dengan mengetahui buyer personal Anda dengan baik dengan mengtahui beberapa hal berikut ini;

  • Masalah sehari-hari yang dihadapi calon pelanggan
  • Cita-cita, harapan atau hasrat apa yang diinginkan calon pelanggan
  • Nilai-nilai apa yang dipegang oleh calon pelanggan
  • Apa yang calon pelanggan suka dan tidak suka

email-marketing

Artikel terkait :

  1. Membuat mobile friendly email marketing

Di zaman yang serba modern ini membuktikan bahwa sebagian besar orang memiliki smartphone dan menggunakan gadget tersebut untuk membuka email. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan tips memproduksi email campaign yang mobile-friendly sebagai berikut;

  • Format sederhana berupa hanya satu kolom saja dengan ukuran di bawah 600 px wide.
  • Menggunakan ukuran tulisan (font) yang lebih besar untuk memudahkan membaca di smartphone
  • Jika melampirkan gambar, maka gunakan ukuran gambar yang lebih kecil guna mempercepat proses loading
  • Menyediakan CTA button yang lebih besar guna membuat tampilan lebih menonjol dan menarik
  • Tidak menempatkan lebih dari satu link secara berdekatan guna menghindari salah klik
  1. Jauhi spam filters

Berikut ini beberapa point yang dapat menghindari email Anda agar tidak masuk spam folder;

  • Miliki IP address email marketing yang baik, artinya tidak pernah digunakan oleh orang untuk mengirim spam
  • Miliki domain yang terverifikasi untuk mengirimkan email campaign
  • Jaga kebersihan email template code
  • Mencantumkan lokasi Anda saat ini
  • Membuat CTA yang jelas

Berikut ini beberapa kata yang bersifat spam yang wajib Anda hindari;

  • Buy

  • Clearance

  • Cash

  • Discount

  • Bait-and-switch

Demikianlah isi dari artikel tentang panduan email marketing lengkap. Semoga tulisan ini dapat membantu Anda sukses menjadi seorang internet marketer, khususnya yang bergelut di bidang promosi melalui email.

Dapatkan Informasi & tips artikel terbaru kami di email anda

Delivered by FeedBurner

Belum ada Komentar untuk Panduan Email Marketing Lengkap

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Panduan Email Marketing Lengkap

affiliate marketing

Peluang Menambah Penghasilan Melalui Affiliate Marketing

T 7 January 2014 F , , A jeffsitopu

Affiliate Marketing Bisnis online telah menjadi bisnis primadona yang banyak dilirik orang. Tak hanya keuntungannya saja yang begitu menggiurkan, tetapi modal yang dibutuhkan pun terjangkau sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Nah, salah satu bentuk bisnis online yang mudah dikerjakan... Selengkapnya

diabetes protocol

How to Cure Diabetes without Drugs and Insulin

T 15 December 2014 F , A jeffsitopu

Having diabetes is an unfortunate condition, especially because the treatment can be expensive. Diabetes makes it hard for many people to live normally, and for those who cannot afford constant medication, it can end with amputation or death. Diabetes Protocol... Selengkapnya

belajar-internet-marketing

Lima Cara Mudah Belajar Online Marketing

T 26 May 2016 F , , A jeffsitopu

Siapa Bilang OnlineMarketing itu Sulit? Inilah Lima Cara Mudah Belajar OnlineMarketing! Marketing, tak selalu terkait dengan istilah salesman atau justru saleswomen. Prosesnya, tak lagi harus dengan “menawarkan” produk dari satu mal ke mal lain; atau berpindah dari satu stan ke stan lain.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Twets