Tips Membuat Video Promosi yang Menarik untuk Bisnis

Tips Membuat Video Promosi yang Menarik untuk Bisnis

Membuat video promosi bukan lagi hal sulit karena kita bisa memanfaatkan berbagai aplikasi atau software yang canggih dan modern. Jadi, siapa saja bisa membuat video yang berkualitas dan menarik, misalnya untuk keperluan bisnis.

Dalam bisnis, promosi menjadi salah satu bagian penting untuk mengembangkan usaha tersebut agar semakin dikenal. Banyak teknik promosi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan modal yang dimiliki, misalnya dengan video digital.

5 Tips Membuat Video Promosi Bisnis

Promosi memang sangat diperlukan dalam bisnis sebagai momen untuk mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada calon konsumen. Itulah mengapa kamu harus bisa memilih strategi promosi yang tepat untuk bisnis kamu.

Pemilihan strategi promosi juga harus disesuaikan dengan perkembangan zaman atau tren saat ini, yaitu dengan memanfaatkan digital sebagai medianya. Salah satu bentuk promosi yang sangat diminati saat ini adalah menggunakan video promosi.

Bagi kamu yang ingin membuat video promosi bisnis untuk menarik perhatian para audiens, maka harus tahu strategi seperti apa yang bisa dilakukan. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai tips pembuatan video promosi yang menarik.

Membuat-Video-Promosi

  1. Perhatikan Durasi Promosi

Menentukan durasi promosi sangat penting saat kamu ingin membuat video yang menarik. Video yang terlalu singkat membuat informasi tidak tersampaikan semua, tapi jika terlalu panjang akan membuat orang lain merasa bosan saat melihatnya.

Pastikan video promosi yang kamu buat memiliki durasi waktu yang pas, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama. Hal ini juga harus disesuaikan dengan target video promosi dan materi yang akan disampaikan pada video tersebut.

Untuk memudahkanmu menentukan membuat video promosi bisnis dengan durasi yang tepat, kamu harus bisa memilah materi paling penting. Tidak perlu menjelaskan panjang lebar, pastikan keunggulan yang disampaikan cukup untuk menarik audiens.

  1. Gunakan Copywriting Menarik

Copywriting adalah jenis tulisan yang bertujuan untuk menarik minat calon konsumen. Meski kamu melakukan promosi melalui media video tapi peran tulisan atau kata-kata di dalamnya juga sangat penting untuk mempromosikan bisnismu.

Dalam promosi, pastikan kamu menggunakan teknik copywriting yang tepat agar bisa menarik perhatian calon konsumen. Kamu bisa memulainya dengan pembahasan permasalahan yang ada dan tambahkan data-data yang menunjang.

Setelah itu, kamu bisa menawarkan solusi dari permasalahan tersebut, yaitu dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Gunakan kata-kata positif dan tidak perlu memaksa karena kata-kata promosi yang tepat akan sampai ke hati calon konsumen.

  1. Perhatikan Teks Benar dan Menarik

Video promosi berisikan berbagai animasi, gambar dan tidak lupa menyertakan juga teks. Justru tulisan atau teks inilah yang berfungsi untuk memberikan penjelasan secara lengkap kepada calon konsumen mengenai produk dan jasa yang ditawarkan.

Dalam menambahkan teks saat membuat video promosi, kamu harus memperhatikan ukuran, warna dan font dari tulisan tersebut. Pastikan kamu mengatur tulisan dengan ukuran yang pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Selain itu, kamu juga harus memilih warna yang kontras dengan background agar tulisan dapat dibaca dengan jelas. Jenis font yang dipilih juga harus disesuaikan agar tetap bisa dibaca namun memiliki font yang menarik untuk dilihat.

  1. Tambahkan Intro dan Outro

Bagian awal dan akhir pada video promosi sangatlah penting untuk menarik perhatian dan menambahkan statement yang tegas. Kedua bagian ini sering disebut dengan intro pada bagian awal dan outro pada bagian penutup video promosi.

Intro dan outro menjadi momen paling penting untuk memikat perhatian dan hati calon konsumen agar mau membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Cara paling mudah adalah dengan menampilkan identitas dari perusahaan.

Misalnya saja, kamu bisa menambahkan logo, tagline, atau motto perusahaan di bagian awal dana akhir video presentasi. Pastikan kedua bagian tersebut menarik untuk dilihat dan memuat informasi yang tidak mudah untuk dilupakan.

  1. Permanis dengan Audio atau Musik

Video tanpa adanya suara pasti akan terasa kurang bahkan fungsinya menjadi kurang maksimal sebagai media promosi bisnis. Itulah mengapa kamu bisa menambahkan audio atau musik yang menarik di dalam video tersebut.

Pilihlah audio atau musik yang sesuai dengan konten promosi agar semakin menarik. Selain itu, pastikan bahwa volume dari audio atau musik tersebut pas jadi tidak mengganggu konsentrasi orang yang membacanya.

Jika kamu ingin mempromosikan bisnis dengan efektif, penggunaan video promosi sangatlah disarankan. Kamu bisa melakukan beberapa tips membuat video promosi di atas untuk memaksimalkan fungsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.