Fungsi dan Cara Memilih Oli Mesin 2 Tak

jefriray

oli mesin 2

Memahami oli mesin 2 tak sangatlah penting untuk dilakukan terlebih bagi pengguna motor. Sepeda motor merupakan salah satu jenis kendaraan yang paling digemari masyarakat sampai sekarang. Sepeda motor dengan mesin 2 tak juga bisa menjadi pilihan. 

Pada sepeda motor 2 tak, oli yang dibutuhkan ada dua jenis, yaitu oli mesin dan oli samping 2 tak. Keduanya memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda, meski fungsi utamanya adalah sebagai pelumas komponen sepeda motor. Berikut info oli mesin yang perlu diketahui.

Fungsi Oli Sepeda Motor 2 Tak

Oli mesin pada sepeda motor 2 tak sebenarnya juga bisa disebut oli transmisi. Sebab fungsinya hanya untuk melumasi bagian gearbox saja. Menariknya oli motor 2 tak bisa digunakan dengan oli motor 4 tak. 

Dengan begitu, pemilik tidak perlu bingung mencari produknya karena masih banyak beredar di pasaran. Hal terpenting dalam menentukan pilihan adalah dengan melihat tingkat kekentalan oli sesuai spesifikasi standar yang dibutuhkan.

Selain itu, oli mesin motor ini juga berfungsi untuk mempengaruhi performa mesin. Oli mesin dapat diisi dan digunakan sesuai dengan performa mesin yang diharapkan. 

Anda bisa meminimalkan penggunaannya jika diperlukan, hanya saja performa mesin sepeda motor tidak akan sama seperti saat Anda mengisinya dengan jumlah maksimal. 

Semakin banyak Anda mengisi oli, maka performa motor 2 tak kesayangan Anda akan semakin bagus.

Tips Memilih Oli 2 Tak

Cara memilih oli mesin 2 tak cukup mudah. Oli alias pelumas mempunyai arti penting bagi sepeda motor. Oli berperan membantu kinerja mesin agar optimal dan tidak mengalami gesekan langsung. 

Pelumas ibarat asupan utama bagi sebuah mesin, jika oli mesin tidak mencukupi maka pelumasan mesin akan kurang maksimal. Komponen penting pada mesin seperti silinder, blok, dan ring piston lebih cepat aus dan tergores.

Dalam memilih oli jangan asal-asalan, harus sesuai dengan jenis mesin kendaraan Anda. Maka dari itu, berikut beberapa tips memilih oli motor yang perlu Anda ketahui.

1.Membaca Manual Book Kendaraan

Cara termudah untuk memilih oli yang tepat adalah dengan membaca buku manual kendaraan. Dalam buku manual dijelaskan spesifikasi mesin dan jenis oli yang benar.

Misalnya saja untuk sepeda motor 2 tak Kawasaki. Dalam laporannya, teknisi pabrikan merekomendasikan penggunaan oli mesin 2 tak dengan spesifikasi SAE 10W-40 SL MA dan harus full sintetik

Di sisi lain, seorang mekanik Yamaha menyarankan penggunaan oli dengan SAE 20W-40 untuk sepeda motor 2 tak berlambang garpu tala. Dari situ terlihat perbedaan spesifikasi oli yang dibutuhkan masing-masing merek.

2. Perhatikan Jadwal Penggantian

Oli mesin pada sepeda motor 2 tak mempunyai fungsi yang relatif sederhana dibandingkan oli mesin 4 tak. Oleh karena itu, umurnya mungkin lebih lama. 

Dengan kata lain, sepeda motor 2 tak sebenarnya memiliki jadwal penggantian oli yang lebih longgar. Beberapa sumber menyebutkan bahwa penggantian oli sepeda motor 2 tak hanya perlu dilakukan setiap 12.000 km atau sekitar setahun sekali. 

Berbeda sekali dengan sepeda motor 4 tak yang mana pemilik kendaraan tersebut harus rajin mengganti oli setiap 3.000 km atau setiap 2 bulan sekali.

Itulah fungsi dan tips memilih oli mesin 2 tak yang perlu Anda ketahui. Penggantian oli secara rutin sangat penting dilakukan supaya kondisi motor tetap prima.

Bagikan Artikel ke Teman: "Caranya Cukup Copy link artikel dan bagikan!"